Teknik Memijat Jari Tangan Ini Bisa Menghilangkan Stress Dengan Cepat

DokterSehat.Com – Ada cukup banyak teknik pengobatan tradisional yang diyakini mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah dengan memberikan pemijatan pada beberapa titik tertentu pada tubuh. Pakar kesehatan mengenal salah satu teknik pemijatan bernama Jin Shin Jyutsu yang diyakini bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan layaknya depresi, kecemasan berlebihan, nyeri leher, nyeri punggung, dan berbagai penyakit lainnya. Yang menarik dari teknik ini adalah, kita hanya perlu menekan jari dengan lembut.

doktersehat-jari-tangan-sakit-mengetik

Dalam metode pemijatan Jin Shin Jyutsu, jari-jari tangan ternyata dianggap memiliki hubungan dengan berbagai bagian lain di dalam tubuh. Tak hanya itu, jari juga dianggap memiliki kaitan dengan emosi atau kesehatan psikis kita. Sebagai contoh, ibu jari ternyata dikaitkan dengan rasa khawatir, jari telunjuk dikaitkan dengan rasa takut atau munculnya depresi, jari tengah berkaitan dengan rasa frustrasi dan juga kemarahan, jari manis berkaitan dengan kesedihan, dan jari kelingking dianggap berkaitan dengan rasa gugup atau rendahnya kepercayaan diri. Selain itu, telapak tangan ternyata juga memiliki arti tersendiri, yakni berkaitan dengan rasa bahagia.

Jika kita mengalami kondisi emosi tertentu, kita bisa mengaplikasikan teknik pemijatan Jin Shin Jyutsu untuk membuat perasaan kita menjadi lebih baik. Untuk melakukannya, kita hanya perlu duduk diam selama dua menit dan mengambil nafas yang dalam. Setelah itu, cobalah untuk memegang jari yang berkaitan dengan kondisi emosi yang sedang kita rasakan. Peganglah jari tersebut dan tekanlah dengan lembut hingga sekitar 3 atau 5 menit sekaligus dengan menarik nafas dalam-dalam. Jika kita sudah merasakan sensasi denyutan pada jari, segeralah lepaskan pegangan.

Setelah melakukan teknik pemijatan tersebut, kadar stress cenderung menurun dengan signifikan. Selain itu, di dalam tubuh terjadi peningkatan sirkulasi darah dan energi dengan lebih baik sehingga kita pun akan merasa lebih fit dan bugar.