Tekanan Darah Tinggi Bisa Merusak Ginjal

DokterSehat.Com – Tekanan darah tinggi merupakan masalah umum yang dapat menyebabkan penyakit-penyakit serius seperti stroke, serangan jantung, dan penyakit ginjal. Tekanan darah tinggi terjadi pada 1 dari setiap 3 orang dewasa.



Sekitar seperlima darah yang mengalir di seluruh tubuh pada setiap denyut jantung akan melewati ginjal. Organ tubuh ini menjaga keseimbangan air, asam, dan garam dalam darah serta menyaring produk sisa darah.

Menurut dokter spesialis ginjal, Roger Tan, dari Gleneagles Hospital Singapura, ginjal adalah bagian dari pembuluh darah, di mana ketika tekanannya tinggi, ginjal akan bekerja keras.

Dokter Roger Tan menjelaskan bahwa Tekanan darah tinggi tersebut dapat dianalogikan seperti air dalam selang yang tekanannya sangat tinggi, dan lama-kelamaan selangnya bisa pecah. Maka dari itu tekanan darah tinggi haruslah dikontrol. Tekanan darah yang disarankan adalah tidak melebihi angka 130/80 mmgHg.

Penyebab terjadinya tekanan darah tinggi sendiri belum diketahui secara pasti, akan tetapi orang yang memiliki hipertensi umumnya mempunyai riwayat penyakit ini dalam keluarga. Selain itu, mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung natrium juga dapat meningkatkan tekanan darah.

Ginjal memiliki peran mengatur jumlah natrium yang disimpan tubuh, yang berarti juga mengatur volume air di dalam tubuh. Sedangkan natrium itu sendiri bersifat menahan air. Maka dari itu, semakin banyak natrium di dalam tubuh, maka semakin banyak pula air yang ada dalam darah. Kelebihan air dalam darah inilah yang akan meningkatkan tekanan darah.

Dokter Tan mengatakan bahwa saat ini sudah banyak obat-obatan yang aman dan baik untuk dikonsumsi, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mengontrol hipertensi. Yang susah untuk dipantau dokter sebenarnya adalah pola makan.