Tekanan Darah Bisa Memprediksi Jenis Kelamin Bayi Dalam Kandungan

DokterSehat.Com – Setiap pasangan tentu akan mengalami kebahagiaan yang luar biasa tatkala mendapatkan kehamilan. Mereka juga akan berusaha sebaik mungkin menjaga kehamilan ini agar bisa terus sehat hingga proses persalinan tiba. Yang menarik adalah, cukup banyak pasangan yang menanti proses persalinan dengan rasa penasaran tentang jenis kelamin anak di dalam kandungannya. Memang, jika pasangan melakukan USG saat kehamilan, maka mereka bisa mengetahui jenis kelamin anak sebelum dilahirkan. Namun, pakar kesehatan ternyata juga menyebutkan jika ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui jenis kelamin anak saat di dalam kandungan. Cara tersebut adalah dengan mengecek tekanan darah sang ibu.

doktersehat-usg-kehamilan-hamil-operasi-caesar

Dr. Ravi Retnakaran melakukan sebuah penelitian yang memberikan hasil yang cukup menarik ini. Menurut beliau, tekanan darah bisa cukup akurat memprediksi jenis kelamin bayi di dalam kandungan. Dr. Retnakaran berkata jika saat tekanan darah ibu justru lebih tinggi saat sebelum hamil, yakni sekitar 106 mmHg, maka kemungkinan besar ibu akan mengandung bayi laki-laki. Sebaliknya, saat tekanan darah ibu cenderung lebih rendah, maka besar kemungkinan bayi yang dikandung berjenis kelamin perempuan.

Penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam American Journal of Hypertension ini dilakukan dengan meneliti sampel tekanan darah dari 1.411 ibu hamil yang berasal dari daerah Liuyang, Tiongkok. Selain mengecek tekanan darahnya, dr. Retnakaran juga mempertimbangkan berbagai faktor kesehatan layaknya usia, berat badan, kadar kolesterol dalam tubuh, dan juga kebiasaan merokok. Diketahui bahwa para wanita ini melahirkan 2,6 persen lebih banyak bayi laki-laki jika dibandingkan dengan bayi perempuan. Namun, setelah mempelajari berbagai faktor yang disebutkan sebelumnya, diketahui bahwa tekanan darah pada wanita sebelum hamil memang bisa memprediksi seperti apa jenis kelamin sang buah hati nantinya.