Teh Yang Menyehatkan

DokterSehat.Com – Teh adalah salah satu jenis minuman yang sangat nikmat untuk diminum. Beberapa negara layaknya Jepang dan Inggris bahkan menganggap minuman teh sebagai sebuah ritual yang sangat menenangkan dan menyehatkan. Banyak masyarakat yang masih awam dan berpikir bahwa teh hanya memiliki satu jenis saja, yakni teh yang berwarna merah yang kerap kita seduh. Padahal, ada teh yang disebut sebagai teh hijau, teh hitam, atau bahkan teh putih. Setiap teh memiliki kelebihan sendiri-sendiri dalam menjaga kesehatan tubuh. Yang membedakan dari warna-warna teh tersebut biasanya adalah tingkat oksidasi pada daun teh. Teh putih bisanya didapatkan dari tunas atau daun teh yang masih muda, berbeda dari teh hijau yang cenderung lebih tua tapi belum layu.

doktersehat-teh-krisan

Teh, apapun jenisnya, memiliki kelebihan berupa adanya senyawa antioksidan bernama polifenol yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, khususnya dalam melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya. Teh putih yang memiliki rasa teh yang lebih ringan cenderung lebih bagus dari teh hijau dalam memberikan perlindungan dari penyakit kanker dengan adanya polifenol berupa catechin yang merupakan antioksidan penangkal kanker. Beberapa jenis kanker layaknya kanker usus besar ternyata bisa ditangkal dengan rajin mengkonsumsi teh putih.

Teh hijau kerap kali diidentikkan dengan teh yang disajikan di negara-negara Asia. Beberapa sel kanker layaknya kanker prostat, kanker perut dan kanker payudara ternyata bisa dicegah pertumbuhannya dengan mengkonsumsi teh hijau. Disamping sel kanker, teh hijau juga mampu mencegah kondisi kolesterol tinggi pada jantung dan sistem pembuluh darah. Hal ini dikarenakan teh dapat membuat tubuh memperlancar proses pembakaran lemak sehingga tubuh pun menjadi lebih sehat dan lebih ramping.

Baca Juga:  Jomblo? Hati-Hati, Anda Rentan Terkena Sakit Maag

Teh panas atau teh yang diseduh adalah teh yang bisa memberikan kebaikan bagi tubuh. Jangan tertipu dengan banyak produk teh kemasan yang sudah berlebihan dengan bahan pengawet dan gula karena bisa jadi akan mengganggu kesehatan tubuh. Teh panas yang nikmat bisa dinikmati saat pagi atau malam hari yang bisa menyehatkan tubuh.