Teh Ternyata Sangat Baik Bagi Penderita Diabetes

DokterSehat.Com – Salah satu keunikan yang ditemukan di negeri ini adalah kita memiliki banyak sekali variasi minuman herbal yang enak dan sehat. Selain kopi dimana banyak varian kopi lokal kita dianggap paling enak di dunia, teh juga sangat nikmat untuk dikonsumsi setiap hari. Beberapa orang bahkan mengaku jika mereka tidak akan bisa mempersiapkan diri untuk beraktifitas sepanjang hari jika tidak mengkonsumsi teh di pagi hari. Tahukah anda, dibalik rasanya yang nikmat, teh ternyata juga bisa memberikan efek positif bagi kesehatan. Salah satunya adalah bagi penderita diabetes.

doktersehat-teh-rosemary-peppermint-daya-ingat-serai-jahe-masuk-angin-cedera-otot

Varian teh yang ada di Indonesia kini sangat beragam. Kita bisa menemukan teh hitam, teh hijau, teh melati, dan berbagai teh lainnya. Teh jika dikonsumsi dengan rutin teranyata bisa meringankan diabetes dengan signifikan. Pakar kesehatan menemukan adanya kandungan polifenol di dalam teh yang ternyata mampu membuat penderita diabetes menjaga kondisi resistensi insulinnya. Banyak pakar kesehatan yang memberikan saran bagi penderita diabetes tipe 2 untuk meminum teh hijau atau teh hitam untuk menjaga kondisi tubuhnya.

Selain meringankan penyakit diabetes, teh yang dikonsumsi harian ternyata juga bisa mencegah datangnya penyakit ini. Teh bisa membuat usus kecil memperlambat penyerapan gula sehingga kadar gula dalam darah pun akan lebih bisa dikendalikan. Dua tau tiga cangkir teh hijau atau teh hitam diyakini mampu membuat resiko terkena penyakit diabetes menurun dengan signifikan.

Tahukah anda, penderita diabetes memiliki resiko terkena penyakit jantung hingga 60 persen. Dengan resiko terkena diabetes yang menurun jika kita mengkonsumi teh dengan rutin, maka resiko terkena penyakit jantung juga akan jauh menurun. Teh sendiri diklaim mampu membaut sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Teh juga memiliki kandungan theanine dan juga asam amino yang diyakini mampu membuat tekanan darah menjadi lebih terkontrol. Tekanan darah yang normal tentu saja bisa membuat stress pun menjadi menurun. Inilah mengapa banyak orang berpikir jika setelah mengkonsumsi teh, mereka cenderung merasa lebih tenang. Tubuh yang mengalami stress ternyata bisa memicu peningkatan glukosa dalam darah dan mengembangkan sel kanker. Dengan mengkonsumsi teh, kita bisa mencegah rasa stress sekaligus menurunkan resiko terkena penyakit kanker, khususnya kanker hati dan pankreas.