Teh, Minuman Nikmat Yang Baik Bagi Daya Ingat

DokterSehat.Com – Jika kita membahas minuman teh, maka kita tentu akan berpikir tentang sebuah minuman yang akan memberikan kebaikan berupa semakin tenangnya pikiran, khususnya jika dikonsumsi setelah seharian penuh merasa penat di tempat kerja. Namun, teh ternyata tidak hanya memberikan kebaikan bagi psikologis kita. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan sebuah fakta menarik dimana teh ternyata akan sangat baik dalam menjaga daya memori kita. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-teh-rosemary-peppermint-daya-ingat-serai-jahe-masuk-angin-cedera-otot

Penelitian yang dimaksud dilakukan oleh Northrumbia University. Salah satu pakar kesehatan yang terlibat, Mark Moss, menyebutkan jika teh yang diberikan aroma peppermint atau rosemary akan sangat baik dalam menjaga kemampuan daya ingat, khususnya bagi para lansia hingga 15 persen. Selain itu, diketahui jika konsumsi teh dengan aroma peppermint atau rosemary ternyata juga berimbas besar pada semakin baiknya tingkat kewaspadaan dan memori jangka panjang. Mark Moss berujar bahwa ada sebuah penelitian sebelumnya yang menyebutkan jika aroma rosemary memiliki senyawa yang sangat baik bagi kesehatan otak dan mampu meningkatkan kinerjanya dengan signifikan.

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan melibatkan 150 orang yang kesemuanya merupakan para lansia. Para lansia ini kemudian ditempatkan pada ruangan-ruangan yang berbeda-beda, dari yang beraroma lavender, beraroma rosemary, hingga yang tidak memiliki aroma sama sekali. Setelah berada pada ruangan-ruangan tertntu, para lansia ini melakukan tes uji memori yang sederhana. Hasilnya adalah, mereka yang tinggal di ruangan dengan bau rosemary akan cenderung lebih baik dalam menyelesaikan tes uji memori tersebut. Setelah itu, para lansia juga diminta untuk mengkonsumsi teh peppermint dan kemudian melakukan uji tes memori. Hasilnya adalah, para lansia ini memiliki peningkatan memori jangka panjang dan tingkat kewaspadaan dengan signifikan setelah mengkonsumsinya.

Baca Juga:  Manfaat Buah Manggis bagi Kesehatan Tubuh

Dengan adanya hasil penelitian ini, kita pun kini bisa menikmati teh dengan rutin untuk menghilangkan rasa penat, sekaligus untuk menjaga daya ingat kita agar tetap dalam kondisi yang prima meskipun sudah berusia lanjut.