Teh Ini Bisa Membuat Daya Ingat Meningkat

DokterSehat.Com – Telah banyak penelitian kesehatan yang membuktikan manfaat kesehatan dari mengkonsumsi teh. Minuman yang nikmat untuk dikonsumsi dalam keadaan dingin maupun hangat ini disebut-sebut mampu menurunkan stress dan rasa penat. Selain itu, ada pula teh yang ternyata mampu meningkatkan daya ingat. Teh tersebut adalah teh peppermint.

doktersehat-teh-hijau-matcha

Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Northumbria University. Dalam penelitian ini, para pakar kesehatan menguji manfaat dari beberapa jenis bahan herbal dan wewangian pada suasana hati dan memori manusia. Setidaknya ada 180 relawan yang dilibatkan dalam penelitian ini. Para relawan ini diminta untuk mengisi kuesioner yang berkaitan dengan mood dan kemudian diminta untuk mengkonsumsi minuman hangat secara acak. Minuman yang disediakan adalah air hangat, teh chamomile, dan juga teh peppermint.

Dua puluh menit setelah para relawan mengkonsumsi minuman hangat tersebut, mereka pun diminta untuk mengerjakan tes yang bisa mengukur daya ingat dan fungsi kognitif otak. Hasilnya adalah, mereka yang mengkonsumsi teh peppermint merasakan dampak positif berupa pikiran yang lebih tenang, peningkatan memori jangka panjang, memori kerja, dan kewaspadaan.

Bahan herbal lainnya yang bisa memberikan efek positif bagi daya ingat adalah aroma rosemary. Sementara itu, wangi dari lavender juga bisa memberikan efek menenangkan namun tidak begitu memberikan dampak yang signifikan pada daya ingat. Sebagai informasi, peppermint, rosemary, dan lavender telah lama dianggap sebagai bahan herbal yang bisa berpengaruh positif pada mood dan kemampuan kognitif.

Khusus untuk teh peppermint, kita juga bisa mendapatkan dampak positif lainnya berupa meredakan sakit kepala, mual-mual, diare, rasa tidak nyaman pada perut, dan flu. Daun ini juga bisa mengatasi efek mabuk.