Teh Hijau, Minuman Nikmat Yang Bisa Mengatasi Jerawat

DokterSehat.Com – Teh hijau atau yang juga kerap dipanggil dengan nama internasionalnya; green tea, adalah salah satu jenis minuman yang sangat nikmat dan disukai oleh banyak orang. Teh hijau sendiri bisa disajikan dalam berbagai bentuk dari yang berupa teh hijau dingin, teh hijau hangat, atau bahkan yang dijadikan es krim. Selain rasanya yang nikmat, teh hijau juga dikenal luas sebagai minuman yang bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan. Tak hanya itu, sebuah penelitian terbaru menunjukan jika ekstrak dari teh hijau ternyata bisa menjaga kecantikan kita.

doktersehat-teh-hijau-baik-kesehatan-green-tea

Sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan, tepatnya di Universitas Nasional Yang Ming mempelajari tentang manfaat dari ekstrak teh hijau bagi kaum hawa. Dalam penelitian yang dilakukan selama satu bulan ini, ekstrak teh hijau yang setara dengan segelas teh sehari dipakai sebagai bahan perawatan kecantikan oleh beberapa wanita. Hasilnya adalah, kulit wanita menjadi lebih sehat dan terbebas dari masalah jerawat.

Menurut para pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian ini, ada banyak sekali penyebab dari munculnya jerawat; dari yang berupa kulit wajah yang kurang maksimal dibersihkan, atau bahkan karena kondisi stress yang berlebihan. Namun, secara umum jerawat terjadi karena berlebihannya produksi minyak pada kulit wajah sehingga pada akhirnya membuat kulit wajah menjadi tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak dan pada akhirnya menimbulkan jerawat.

Dengan memakai ekstrak teh hijau di beberapa bagian wajah layaknya hidung, mulut, atau bahkan dagu, maka kandungan anti oksidan dalam teh hijau yang bernama epigallocatechin-3-gallate atau juga kerap disebut sebagai EGCG akan memberikan dampak positif antibakteri dan anti inflamasi pada kulit wajah. Alhasil, masalah jerawat pun akan bisa dihilangkan dari kulit wajah kita.