Teh Hijau, Efektifkah Untuk Melangsingkan Tubuh?

DokterSehat.Com – Kita tentu pernah mendengar tag iklan yang mengklaim jika kita rajin-rajin mengkonsumsi produk teh hijau, maka tubuh kita pun akan segera langsing dan terlihat menarik. Sayangnya, ada banyak laporan yang menunjukkan bahwa teh hijau ternyata kurang efektif melangsingkan tubuh meskipun sudah rutin dikonsumsi selama beberapa bulan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-teh-hijau-baik-kesehatan-green-tea

Teh hijau memang memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh kita, khususnya dalam membuat metabolisme tubuh kita menjadi lebih cepat dan proses pencernaan pun bisa menjadi lebih lancar. Namun, hal ini tidak serta merta akan langsung membuat berat badan kita langsung turun. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 oleh University of Birmingham memang menunjukkan bahwa teh hijau akan membantu proses oksidasi lemak pada tubuh dan khasiat ini diduga dapat berpengaruh besar dalam menurunkan berat badan. Hanya saja, kita harus ingat bahwa teh hijau hanya akan memberikan efek membantu, bukan sebagai jawaban utama bagi kita yang ingin menurunkan berat badan dengan efektif dan cepat.

Beberapa pakar gizi dari India, KK Agarwal dan Nysha Bijlani mengungkapkan jika meskipun teh hijau telah terbukti mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh, namun peningkatan metabolisme ini juga akan terbatas pada titik tertentu saja dan berbagai tumpukan lemak pada tubuh tetap saja baru bisa dibakar dengan aktifitas layaknya olahraga. Hal ini berarti, jawaban utama dari mereka yang ingin mendapatkan berat badannya turun dan tubuh langsing tetaplah sama; menjaga pola makan yang sehat dan rutin melakukan olahraga.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa teh hijau hanya akan menurunkan berat badan sebesar 0,3 persen saja meskipun kita rutin mengkonsumsinya selama tiga bulan berturut-turut. Persentase ini tentu sangatlah rendah sehingga menjadi bukti kuat bahwa teh hijau memang tidak bisa menjadi penurun berat badan dengan cepat. Jika kita rutin melakukan olahraga setiap harinya, mengkonsumsi makanan sehat, dan mengkonsumsi dua atau tiga cangkir teh hijau per hari, barulah kita bisa mendapatkan dampak yang cukup signifikan jika kita ingin menurunkan berat badan.