Teh Hijau Bisa Mencegah Osteoporosis

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika teh hijau termasuk dalam minuman yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Seringkali teh hijau dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan pikiran yang lebih rileks. Konsumsi teh hijau nan hangat setelah melakukan berbagai aktifitas dan kesibukan harian yang membuat penat ternyata bisa membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan pada akhirnya mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Selain memberikan faedah bagi pikiran, teh hijau ternyata juga bisa menjadi minuman yang baik bagi kesehatan tulang. Bahkan, pakar kesehatan menyebutkan jika wanita mengkonsumsi teh hijau secara rutin, maka di masa tuanya Ia akan memiliki resiko jauh lebih rendah mendapatkan masalah kesehatan tulang layaknya osteoporosis.

shutterstock_133962980 copy

Di Tiongkok, negara yang cukup dikenal karena kualitas teh hijaunya, baru-baru ini diadakan penelitian yang mempelajari keterkaitan antara konsumsi teh dengan kesehatan tulang. Dari penelitian ini, didapatkan fakta bahwa jika seorang wanita rutin mengkonsumsi teh hijau setidaknya dua hingga tiga cangkir dalam sehari, maka resiko mendapatkan masalah kerapuhan tulang saat usianya menua bisa menurun hingga 37 persen. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Pakar kesehatan yang ikut dalam penelitian ini, dr Tim Bond dari Tea Advisory Panel, mengungkapkan jika dalam teh hijau ternyata ada zat yang dinamai flavonoid. Flavonoid inilah yang ternyata bertanggung jawab pada semakin melambatnya pengeroposan tulang yang biasanya terjadi seiring dengan menuanya seseorang sekaligus mampu membuat pertumbuhan tulang yang baru menjadi lebih cepat. Selain flavonoid, di dalam teh hijau juga dapat ditemukan kandungan mineral, kalsium, atau bahkan fluoride yang memang baik bagi kesehatan tulang.

Selain teh hijau, dari penelitian ini juga ditemukan bahwa minuman bir yang kaya akan kandungan silikon ternyata juga bisa membuat penipisan tulang menjadi lebih lambat. Namun, pakar kesehatan ternyata lebih menyarankan konsumsi teh hijau yang jauh lebih sehat untuk dikonsumsi setiap hari.