Teh Cengkeh Sangat Baik Bagi Penderita Diabetes

DokterSehat.Com – Cengkeh adalah bahan rempah-rempah yang dikenal luas sebagai bumbu dapur. Tak hanya itu, cengkeh juga banyak sekali dipakai di dunia industry sebagai bahan yang dipakai pada produk terkenal layaknya rokok, kosmetik, parfum, sabun, atau bahkan pasta gigi. Namun, tahukah anda, cengkeh ternyata bisa diolah menjadi bahan minuman teh yang sangat menyehatkan. Pakar kesehatan menyebutkan jika di dalam cengkeh, kita bisa menemukan berbagai kandungan alami yang sangat menyehatkan layaknya vitamin, mineral, yodium, kalsium, besi, hingga fosfor. Kita bisa mengolah cengkeh yang kaya akan kandungan alami nan menyehatkan ini menjadi sebuah minuman teh yang nikmat sekaligus menyehatkan.

doktersehat-teh-cengkeh-untuk-diabetes

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Heart Association Circulation menyebutkan jika kandungan alami pada cengkeh ternyata akan sangat baik dalam menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya tetap dalam kondisi yang normal. Hal ini berarti, cengkeh akan sangat baik bagi penderita diabetes, bukan?

Para penderita diabetes pun sangat disarankan untuk mengkonsumsi teh cengkeh mengingat dengan rutin mengkonsumsi minuman yang nikmat ini, kandungan alaminya akan membuat tubuh menginduksi aktivitas insulin. Dengan adanya kandungan alami dari cengkeh, maka resistensi insulin bisa diturunkan dan akan lebih banyak insulin yang dilepaskan dalam tubuh. Alhasil, kadar gula dalam darah pun akan menjadi lebih stabil bagi mereka yang menderita diabetes.

Untuk membuat teh cengkeh, kita bisa dengan mudah memakai 5 hingga 6 buah cengkeh saja dan diseduh layaknya kita membuat teh tubruk. Andai kita malas membuat teh cengkeh, kita bahkan bisa mengunyahnya layaknya camilan kering. Hanya saja, hati-hati dalam mengkonsumsi cengkeh ini, apalagi jika kita memiliki masalah lambung mengingat cengkeh cenderung cukup keras bagi lambung kita.