Taurin dan D-Glucuronolactone Dinyatakan Aman Dikonsumsi dalam Minuman Energi

doktersehat-soda-kaleng-kanker

DokterSehat.Com– Badan Keamanan Pangan Eropa (EFSA, ANS) menyatakan bahwa konsumsi taurin dan d-glucuronolactone melalui konsumsi minuman berenergi secara biasa dinyatakan aman. Taurin dan d-glucuronolactone ada sebagai bahan alami dalam bahan pangan, dan dapat dimetabolisme secara normal oleh manusia. Akan tetapi bahan tersebut digunakan dalam jumlah sangat tinggi dalam minuman berenergi.

Taurin adalah senyawa organik yang terdapat dalam jaringan tubuh hewan. Taurin pada umunya dapat ditemukan pada bagian usus besar. Sedangkan d-glucuronolactone adalah zat alami penting yang terdapat dalam hampir semua jaringan ikat. D-glucuronolactone banyak ditemukan pada getah tanaman.

Uji resiko terhadap kedua bahan tersebut dilakukan oleh Komite Ilmiah Uni Eropa bidang Pangan (SCF) pada tahun 2003. Hasil uji tersebut oleh ANS dinyatakan cukup untuk menyatakan keamanan taurin dan d-glucuronolactone bila dihubungkan dengan kemungkinan pengaruh taurine terhadap otak dan pengaruh d-glucuronolactone terhadap ginjal.

Kedua bahan tersebut dinyatakan memiliki batas konsentrasi tidak menimbulkan pengaruh negatif (NOAEL) sebanyak 1000 mg/kg berat badan. Sehingga dapat dinyatakan bahwa tetap aman untuk mengkonsumsi 125 mL dan 350 mL per orang per hari minuman energi yang mengandung taurin dan d-glucuronolactone.