Tata Cara Mandi Juga Harus Diperhatikan Agar Bersih Maksimal

DokterSehat.Com – Setiap orang memiliki kebiasaan mandi yang berbeda-beda. Ada yang mandi dengan waktu yang sangat lama karena merasa harus membersihkan semua bagian tubuh dengan hati-hati. ada juga beberapa orang yang mandi hanya sebagai syarat bahwa tubuh sudah terkena air sehingga lebih segar. Tahukah anda, mandi ternyata tidak bisa asal dilakukan mengingat disamping membuat tubuh menjadi lebih segar, mandi juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh, khususnya pada kulit kita. Terlebih iklim Indonesia yang cenderung hangat dan sangat lembab yang tentu akan membuat kita mudah berkeringat sehingga mandi harus dilakukan dengan benar.

doktersehat-mandi-air-hangat-tidur-nyenyak

Beberapa orang mandi dengan tidak benar sehingga kesehatan kulit pun bisa terganggu. Sebagai contoh, ada orang yang mandi hanya dengan air saja namun tidak menggunakan sabun mandi sama sekali. Memang, guyuran air bisa memberikan rasa segar dan jika kita menggosok badan dengan tangan, maka kotoran kulit pun bisa menghilang. Namun, tanpa memakai sabun, maka ada banyak kotoran yang masih tercampur dengan lapisan minyak pada kulit yang tertinggal bersama dengan kuman sehingga bisa memicu masalah pada kulit layaknya gatal-gatal. Gunakan sabun mandi untuk membuat kotoran dan kuman bisa dibersihkan dengan tuntas.

Saat pagi hari atau malam hari, beberapa orang akan memilih untuk mandi dengan air hangat. Hanya saja, ada orang yang terlalu menikmati mandi dengan air hangat sehingga melakukannya terlalu lama. Mandi dengan air hangat yang berlebihan ternyata bisa membuat kulit kering karena lapisan minyak alami pada kulit menghilang. Mandilah dalam durasi yang wajar saja dan jangan gunakan air yang terlalu hangat untuk menghindari kulit kering.

Saat mandi, beberapa orang menggosok badan dengan sangat keras baik itu menggunakan tangan maupun scrub agar kotoran segera menghilang. Hal ini ternyata tidak benar dan bisa jadi akan menyebabkan iritasi pada kulit. Ingat bahwa sabun akan cukup efektif mengangkat dan melarutkan kotoran serta kuman yang menempel pada kulit. Gosoklah kulit dengan scrub atau tangan dengan lembut dan sering-seringlah mencuci scrub agar tetap steril saat digunakan untuk mandi.

Baca Juga:  Jeruk Peras Lebih Baik daripada Jus Jeruk

Dengan memperhatikan tata cara mandi yang benar, maka kotoran dan kuman pun akan bisa dibersihkan dengan maksimal dan kita akan mendapatkan rasa segar setelah mandi. Ingatlah bahwa kita tinggal di negara tropis yang hangat sehingga ada baiknya kita mandi dua kali sehari untuk menjaga kesegaran dan kesehatan kulit dengan baik.