Tas yang Terlalu Berat Adalah Pemicu Sebagian Besar Sakit Punggung

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan menyebutkan jika dua per tiga dari wanita dengan usia di awal 30 tahunan atau lebih tua ternyata memiliki resiko besar terkena sakit leher dan sakit punggung. Rata-rata, wanita ini mulai mengalami masalah sakit pada leher dan punggung pertama kali pada usia 28 tahun, jauh lebih muda dari pria yang mulai mendapatkan masalah serupa pada usia pertama kali pada usia 32 tahun. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

doktersehat-sakit-pundak-punggung-Spondilitis-Ankilosa

Sebuah penelitian dilakukan oleh British Chiropractic Association di Inggris dan menyebutkan jika satu dari enam wanita mengalami masalah sakit leher dan sakit punggung karena kerap membawa tas dengan barang bawaan yang terlalu berat atau disebut sebagai oversized bag. Bahkan karena hal ini, penderita sakit leher dan sakit punggung mengalami peningkatan jumlah sebanyak 43 persen dari dua tahun sebelumnya.

Pakar kesehatan menyebutkan jika tidak seperti pria yang cenderung lebih simpel dan tidak membawa banyak baran, kaum hawa cenderung membawa cukup banyak barang di dalam tas mereka, layaknya peralatan make-up, tisu, hingga obat-obatan di dalam tasnya dan berbagai barang yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk dibawa. Padahal, tas yang kerap dibawa oleh kaum wanita adalah tas jinjing yang cenderung hanya memiliki tali yang cenderung tipis dan membutuhkan satu bahu saja sebagai tumpuan beban. Dengan beban tas yang cukup berat dan tidak seimbangnya pembagian beban pada bahu, leher, dan punggung, maka mereka pun akan lebih beresiko mengalami rasa nyeri pada bagian tubuh tersebut.

Selain tas yang berat ini, banyak wanita muda yang mengalami rasa nyeri pada leher dan punggung disebabkan oleh pekerjaan rumah tangga dan juga penggunaan sepatu hak tinggi dalam waktu yang lama. Pakar kesehatan pun menyarankan wanita untuk memakai tas ransel andai tetap memakai beban yang berat karena bisa membagi beban pada punggung dengan baik atau mengurangi barang bawaan andai tetap memakai tas yang sama.