Tanpa Sadar, Mata Kita Juga Bisa Terbakar Sinar UV!

DokterSehat.Com – Siang hari nan panas dan menyengat tentu akan membuat kita tidak ingin keluar dari luar ruangan. Suhu yang panas ini bisa membuat kulit kita terbakar dari paparan ultraviolet sehingga bisa menjadi lebih hitam atau bahkan mengalami kerusakan. Untungnya kita bisa memakai jaket atau payung yang bisa melindungi kulit kita dari panasnya sinar matahari siang, namun, apakah kita sudah cukup melindungi mata kita? Mata ternyata juga bisa terbakar paparan sinar ultraviolet yang sangat panas dan menyengat!

doktersehat-flu-burung-babi-swine-flu

Jika kita melihat ke jalan atau luar ruangan di siang hari kala suhu sedang panas-panasnya, mata kita tentu akan merasa silau dan tidak tahan melihatnya bukan? Padahal, ada banyak orang yang harus berjibaku dengan terik dan silaunya luar ruangan di waktu-waktu tersebut dan tanpa disadari membuat matnya terbakar! Gejala awal dari mata yang terbakar sinar ultraviolet adalah dengan mata yang memerah, berair, perih, gatal-gatal, hingga mengalami iritasi. Jika dibiarkan dan mata tetap dipaksa memandang silau dan teriknya kondisi saat itu, mata bisa mengalami pandangan yang kabur atau bahkan kehilangan penglihatan sementara.

Jika mata dibiarakan terbakar sinar matahari setiap hari dalam waktu yang lama, maka mata pun beresiko mengalami gangguan mata di kemudian hari. Beberapa penyakit mata layaknya katarak atau tumor jinak bisa menyambangi mata yang sering terbakar sinar matahari.

Untuk menghindari masalah ini, cobalah untuk sering-sering memakai kacamata hitam yang memiliki lapisan UV sehingga mata pun akan jauh lebih terlindungi. Dengan memakai kacamata pelindung, pandangan mata pun jauh lebih sejuk dan terlindungi dari sengatan sinar ultraviolet hingga 75-90 persen. Jika diperlukan, pakailah topi pelindung yang bisa memberikan perlindungan yang lebih baik. Kita bisa saja memakai lensa kontak, namun, perlindungan yang diberikan lensa kontak jelas jauh lebih rendah dibandingkan dengan kacamata pelindung. Gunakan kacamata ini di siang nan terik saat kita perlu pergi ke luar ruangan sehingga kesehatan mata pun akan tetap terjaga.