Tanpa Kopi, Kita Tetap Bisa Terbebas Dari Kantuk di Pagi Hari

DokterSehat.Com – Kita tentu sering sekali merasa malas-malasan di pagi hari, khususnya setelah bangun tidur sehingga akan sangat berat untuk lepas dari selimut dan Kasur. Untuk mengatasinya, beberapa orang langsung mengkonsumsi kopi yang memang akan dengan cepat membuat mata kita segera terjaga. Sayangnya, kopi bisa membuat kecanduan dan dalam banyak kasus, akan kurang baik untuk kondisi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Lantas, apakah ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa kantuk tanpa perlu mengkonsumsi kopi di pagi hari?

doktersehat-bau-badan-ketiak-lemon

Tips pertama agar kantuk segera hilang tanpa kopi adalah segera mendapatkan cahaya dan udara pagi. Jangan malas untuk membuka jendela meskipun suhu udara masih agak dingin. Cahaya dan udara pagi ternyata bisa membuat tubuh kita memberikan sinyal untuk segera bangun dan beraktifitas. Kita juga bisa menikmati udara yang masih segar dan hangatnya sinar matahari pagi untuk beberapa saat sambil melatih fisik. Dengan berolahraga, meskipun hanya berjalan kaki, kita bisa membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sehingga kita pun akan merasa lebih bugar dan siap melakukan akfititas seharian.

Tips berikutnya yang bisa kita lakukan untuk membuat tubuh menjadi lebih segar di pagi hari adalah dengan meminum segelas air lemon yang masih hangat. Minuman ini akan membuat kita mendapatkan energy di pagi hari yang tentu saja membuat kita tidak lagi mengantuk. Air lemon hangat juga akan membuat sistem metabolism tubuh menjadi lebih lancar. Hanya saja, hati-hati dalam mengkonsumsi minuman ini jika anda memiliki masalah maag atau asam lambung.

Jika perlu, cobalah untuk memaksa otak sedikit berkonsentrasi layaknya dengan menulis atau menggambar. Tips sederhana ini akan membuat rasa kantuk menghilang sekaligus meningkatkan fokus saat melakukan banyak hal. Selain itu, kita juga bisa mendengarkan lagu favorit di pagi hari sehingga kita pun akan menjadi lebih bersemangat untuk beraktifitas meskipun tanpa meminum kopi.