Tanpa Kita Sadari, Kebiasaan Buruk Ini Bisa Membuat Mata Kita Rusak

DokterSehat.Com – Semakin banyak anak-anak yang menggunakan kacamata padahal usia mereka masih sangat muda. Pakar kesehatan menyebutkan jika kebiasaan anak-anak sekarang yang rutin memakai gadget atau menatap layar komputer dalam waktu yang lama memiliki andil besar dalam hal ini. Hal ini membuat mata mereka cenderung kurang beristirahat, mudah kering, dan cenderung lebih ajrang berkedip sehingga mata pun lebih rentan untuk mengalami kerusakan. Namun, sebenarnya, ada banyak sekali kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari membuat mata rusak seperti hal-hal berikut ini.

doktersehat-mata-kontak-lensa

Mengucek mata dengan tangan kotor
Kadangkala kita mengantuk atau merasakan gatal-gatal pada mata dan dengan mudah kita akan mengucek mata dengan mata kita yang kotor ini. Hal ini bisa membuat mata mengalami iritasi. Sebaiknya jangan biasakan mengucek mata dan jika mata terasa gatal atau lelah, berikan saja obat tetes mata.

Menyepelekan sinar matahari
Banyak dari kita yang menyepelekan sinar matahari, khususnya di siang hari yang sebenarnya bisa merusak kesehatan mata karena sangat terang dan menyilaukan. Meskipun sangat menyilaukan, banyak orang yang berada di luar ruangan di siang hari malas untuk memakai kacamata hitam karena menganggap kacamata ini hanya dipakai untuk bergaya. Padahal, kacamata ini sangatlah berguna bagi kesehatan mata kita karena mencegah kerusakan mata dari silaunya sinar matahari.

Mengkonsumsi alkohol dan merokok
Sudah menjadi rahasia umum jika konsumsi alkohol dan rokok adalah kombinasi yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh kita. Selain merusak organ dalam layaknya jantung, paru-paru, atau bahkan kulit kita. Pakar kesehatan menyebutkan jika merokok ikut berandil dalam 70 persen masalah kesehatan mata. Selain itu, jika kita mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, maka hal ini akan ikut berandil dalam penurunan kualitas penglihatan kita.

Baca Juga:  Kalazion dan Hordeolum (Benjolan Kelopak Mata) - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Tidak melepas lensa kontak
Sebuah penelitian menunjukkan fakta mengejutkan dimana 17 persen orang ternyata tidak melepas lensa kontaknya dan membawanya tidur malam. Padahal, penggunaan lensa kontak terlalu lama atau bahkan hingga tidur bisa merusak kesehatan mata dengan cepat. Ingatlah bahwa lensa kontak harus dilepas sebelum tidur dan segeralah cuci lensa kontak agar tetap terjaga kesterilannya agar tidak membuat mata terkena iritasi.