Tanpa Kita Sadari, Anak Seringkali Kekurangan Asupan Air Putih

DokterSehat.Com – Orang tua tentu akan memberikan asupan terbaik dan bergizi untuk anak-anaknya. Dengan memberikan makanan bergizi, orang tua berharap anaknya bisa mendapatkan pertumbuhan yang baik. Sayangnya, banyak orang tua yang terlalu fokus pada pemberian makanan bergizi dan tidak memperhatikan asupan air putih yang diminum sang anak setiap hari. Anak yang terlalu asik bermain ternyata bisa membuatnya lupa minum air atau melupakan dahaganya. Anak yang kekurangan asupan air putih pun bereisko mendapatkan beberapa masalah kesehatan.

doktersehat-anak-makan

Anak yang kekurangan asupan air putih biasanya bisa dikenali dengan ciri-ciri khusus. Sebagai contoh, anak akan cenderung memiliki bau mulut yang agak kurang sedap. Anak yang tidak minum air putih dengan cukup akan membuat tubuhnya mengurangi produksi air liur. Padahal, air liur akan sangat berguna dalam menahan pertumbuhan bakteri pada mulut. Dengan sedikitnya air liur, bakteri pun akan berkembang pesat dan akan memicu bau nafas yang tidak sedap. Selain pada bau mulut, cermati apakah sang buah hati melaporkan urin yang pekat saat buang air kecil, bukannya bening sebagai tanda tubuh terhidrasi dengan baik. Jika iya, maka kita perlu memberitahu anak agar menambah asupan air putih lebih banyak dari biasanya.

Anak yang jarang minum air putih juga akan cenderung lebih sering mengantuk atau mengalami pusing-pusing. Anak yang sering mengantuk tentu akan menjadi hal yang aneh mengingat kebanyakan anak akan memiliki energi yang seakan tidak pernah habis untuk bermain dan melakukan banyak hal. Kurangnya cairan pada tubuh ternyata bisa memicu kondisi tubuh yang kekurangan oksigen sehingga membuat anak mudah mengantuk. Selain itu, anak yang cenderung sering melaporkan rasa pusing juga bisa menjadi tanda bahwa anak kurang minum air putih. Otak ternyata dikelilingi cairan yang berfungsi sebagai pelindung sehingga jika tubuh kekurangan cairan, cairan pada otak pun ikut berkurang sehingga anak akan lebih mudah merasa pusing.

Baca Juga:  Cara Tepat Merawat Telinga

Anak-anak biasanya menyukai makanan yang manis, hanya saja, jika keinginan mengkonsumsi makanan yang manis sangatlah berlebihan bisa jadi ini adalah tanda dimana anak kekurangan asupan air putih. Tubuh yang kekurangan cairan akan kesulitan mengubah nutrisi menjadi sumber energi sehingga tubuh pun meminta makanan yang manis sebagai sumber energi. Cobalah untuk meminta anak untuk meminum air lebih banyak dan keinginan memakan makanan manis pun akan berangsur menghilang.