Tanpa Diduga, Hal-Hal Berikut Bisa Menimbulkan Mual-Mual

DokterSehat.Com – Kadangkala, perut kita terasa sangat tidak nyaman dan menimbulkan rasa mual-mual sehingga aktivitas harian kita akan terganggu. Munculnya rasa mual ini kerap kali disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan kimiawi yang ada pada tubuh kita dan kerap berkaitan dengan kondisi tubuh atau bahkan pola makan. Sebenarnya, apa sajakah hal-hal yang bisa memicu rasa mual-mual pada perut?

doktersehat-pembesaran-tonsil-kelenjar-gondok-amandel-tenggorokan-Hipotiroidisme-Kelenjar-Tiroid-Hipotiroid-Hipertiroid-mual-gangguan-kelenjar-tiroid

Pakar kesehatan menyebutkan jika dehidrasi ternyata bisa menjadi pemicu dari rasa mual-mual. Karena tubuh kekurangan cairan, maka kita akan cenderung mudah lelah dan sangat mengantuk. Selain itu, perut juga akan menjadi sangat tidak nyaman dan cenderung akan lebih sensitif, apalagi jika kita kemudian mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup banyak demi mengatasi rasa haus. Ada baiknya kita meminum air sedikit demi sedikit untuk membuat perut menjadi jauh lebih rileks dan tidak mual-mual.

Selain dehidrasi, tubuh yang overhidrasi atau kelebihan cairan juga mampu memicu rasa mual-mual. Biasanya, hal ini akan terjadi setelah kita berolahraga dimana karena rasa haus atau panas, kita terlalu banyak mengkonsumsi air. Hal ini ternyata memicu ketidakseimbangan cairan pada tubuh dan bisa memicu rasa nyeri, peradangan, dan mual-mual. Minumlah air secukupnya saja setelah berolahraga untuk menghindari hal ini.

Stress ternyata juga bisa memicu munculnya mual-mual. Stress kerap kali disertai dengan depresi atau cemas berlebihan yang bisa merangsang tubuh bereaksi dengan cara meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, hormon adrenalin, hingga zat kimai saraf. Jika hal ini terjadi, proses metabolisme juga akan ikut terganggu dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut.

Konsumsi kafein pada kopi atau teh secara berlebihan ternyata juga bisa menyebabkan rasa mual pada perut. Uniknya, bagi mereka yang sudah kecanduan kafein, tidak mengkonsumsinya sehari saja ternyata juga akan memicu rasa mual-mual pada perut.