Tangkal kanker payudara dengan makanan – makanan ini!

DokterSehat.Com – Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti kaum hawa. Satu dari 10 wanita diperkirakan menderita kanker payudara, yang disebabkan oleh gaya hidup modern. Untuk menghindarinya, mulailah membiasakan diri menjaga kesehatan payudara dengan mengonsumsi makanan sehat. Berikut ini adalah makanan yang bermanfaat sebagai pencegah kanker payudara.

18

1. Banyak Konsumsi Sayuran Hijau – Mulailah untuk memasukkan berbagai sayuran hijau seperti kubis, brokoli, kembang kol, bayam dalam menu diet Anda. Kandungan vitamin, serat dan antioksidan di dalamnya membantu menghilangkan radikal bebas dan racun lainnya dari dalam tubuh. Antioksidan dan serat juga memainkan peran penting dalam melindungi tubuh dari segala bentuk kanker, terutama kanker payudara.

2. Ubi jalar – Studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menemukan bahwa wanita yang banyak makan buah dan sayur mengandung karotenoid memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara. Ubi jalar termasuk umbi-umbian yang mengandung banyak karotenoid. Selain ubi, wortel, labu dan sayuran berwarna lainnya bisa menjadi alternatif.

3. Salmon – Minyak ikan kaya akan lemak baik. Sebuah analisis studi internasional yang diterbitkan dalam jurnal BMJ menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi ikan salmon punya kemungkinan lebih rendah menderita kanker payudara. Untuk manfaat secara keseluruhan, American Heart Association menyarankan menambah 3,5 ons lemak ikan untuk menu makan dua kali seminggu.

4. Teh hijau – Teh hijau kaya akan polifenol dan antikosidan yang memiliki sifat melawan kanker payudara. Sebuah studi dari Jepang menemukan mereka yang setidaknya minum satu cangkir teh hijau setiap hari memiliki estrogen yang lebih sedikit dibanding mereka yang tidak.

5. Aneka Beri – Beberapa studi menyatakan bahwa buah Beri memiliki kandungan fiber yang tinggi. Itu berfungsi untuk mengurangi hormon estrogen, hormon yang banyak terdapat pada kaum wanita. Disamping itu, buah Beri berperan penting sebagai antioksidan yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Terdapat beragam jenis buah Beri, contohnya, raspberry, blueberry, blackberry, dan strawberry.

Baca Juga:  Berantas Kanker Payudara dengan Obat Alami

6. Bawang putih dan bawang merah – Bawang putih dan bawang merah memiliki zat yang bernama allyl sulfide. Zat tersebut diketahui bisa mencegah kanker payudara sekaligus membantu menjaga kesehatan pencernaan. Meski begitu, hasil penelitian hanya menunjukkan bahwa suplemen bawang putih yang bekerja untuk mencegah kanker payudara.

7. Apel – Apel adalah sumber antioksidan yang baik, sekaligus vitamin dan serat, serta zat yang bisa mencegah kanker. Sangat penting untuk makan apel beserta kulitnya karena kulit apel lah yang memiliki banyak manfaat tersebut. Namun tentu saja Anda harus mencucinya hingga bersih terlebih dahulu.

8. Delima – Delima mengandung zat yang membantu melawan kanker, tak hanya kanker payudara namun juga kanker prostat dan masalah jantung. Delima adalah sumber vitamin dan nutrisi lain yang baik untuk keluarga. Selain itu, buah ini juga bisa mencegah kanker yang berkaitan dengan hormon estrogen.

Konsumsi lebih banyak makanan-makanan di atas agar Anda terhindar dari kanker payudara, dan jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup yang sehat.