Tangan Tremor Atau Gemetaran? Bisa Jadi Karena Hal Ini

tremor
Photo Credit: diabetesselfmanagement

DokterSehat.Com– Tiba-tiba saja tangan Anda terasa tremor atu gemetaran? Ada baiknya anda tidak menyepelekannya begitu saja. Menurut pakar kesehatan Joseph Jankovic, MD, yang berasal dari Baylor College of Medicine, tangan yang gemetaran bisa jadi menandakan adanya masalah kesehatan yang cukup serius seperti sebagai berikut ini.

Kelelahan
Jika kita kelelahan karena terlalu banyak bekerja atau melakukan aktifitas lainnya, maka beberapa bagian tubuh seperti tangan bisa mengalami gemetaran. Segeralah beristirahat dan tidak memainkan ponsel karena justru akan membuat tangan tidak benar-benar beristirahat.

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein
Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi kopi atau teh, maka tubuh akan mendapatkan asupan kafein dalam jumlah yang sangat besar. Hal ini ternyata bisa menyebabkan tremor atau gemetaran pada beberapa bagian tubuh, termasuk tangan. Meskipun memiliki rasa yang enak, menenangkan pikiran, atau bahkan membuat lebih bersemangat, ada baiknya memang kita tidak berlebihan dalam mengkonsumsi kedua minuman tersebut.

Pengaruh obat-obatan
Cobalah cek obat apa yang baru saja Anda konsumsi. Jika obat ini adalah amfetamin, statin, atau selective serotonin reuptake inhibitos, maka kita bisa mendapatkan efek samping berupa tangan yang gemetaran.

Parkinson
Penyakit neuro-degeneratif ini akan membuat sel pada otak lambat laun mati dan membuat organ ini kekurangan hormon dopamine. Jika sampai hal ini terjadi, maka tubuh pun akan mudah mengalami tremor atau gemetaran, kesulitan berbicara, hingga kesulitan mendapatkan keseimbangan.

Tremor esensial
Jika kita mengalami gerakan yang tidak terkontol pada tangan atau tubuh lainnya, bisa jadi hal ini disebabkan oleh adanya gangguan pada otak yang mengendalikan gerakan. Jika sampai hal ini terjadi, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter agar bisa ditangani dengan tepat.