Inilah Tanda Wanita yang Kekurangan Hormon Progesteron

Doktersehat-tanda-wanita-kekurangan-hormon progesteron

DokterSehat.Com – Progesteron adalah hormon yang berperan penting bagi fungsi sistem reproduksi wanita. Hormon ini diproduksi secara alami pada wanita saat mendekati menstruasi dan saat kehamilan. Ketika menopause, jumlah hormon progesteron yang dihasilkan akan berkurang.

Normalnya, tubuh wanita memproduksi hormon progesteron selama siklus ovulasi melalui ovarium dan kelenjar adrenal. Jika tubuh tidak mampu menghasilkan hormon progesteron yang cukup maka bisa jadi memicu masalah lainnya.

Rendahnya progesteron bisa disebabkan oleh disfungsi hati, stres, diet, obat-obatan tertentu, dan kurangnya olahraga.

baca juga: Cara Alami Tingkatkan Hormon Progesteron Rendah

Gejala Kekurangan Hormon Progesteron

Awalnya gangguan hormon ini ditandai dengan berat badan yang tak terkendali, retensi air, dan kekeringan vagina. Namun, kebanyakan wanita tidak mengatasi masalah ini dengan cepat sehingga muncul gejala berikutnya yang lebih mengganggu seperti serangan panik, depresi, migrain, masalah gula darah, dan siklus haid yang tidak normal.

Perlu diketahui, saat kadar hormon progesteron rendah hal itu bisa menimbulkan risiko yang lebih tinggi terhadap serangan kanker, tumor fibroid, osteoporosis, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Selain itu, gangguan hormon ini bisa membuat wanita berpotensi mengalami infertilitas bertahun-tahun, bahkan berisiko mengalami keguguran. Bahkan, kekurangan progesteron akan menyebabkan disfungsi tiroid, kerontokan rambut, penipisan kulit, dan kerutan pada kulit yang terkait dengan hilangnya hidrasi.

Gejala lainnya adalah munculnya Alzheimer, ketidakmampuan menangani stres dan peningkatan nyeri tubuh serta rasa sakit. Rasa nyeri ini disebabkan oleh kadar hormon progesteron yang rendah sehingga menyebabkan kerusakan selubung myelin yang melindungi sel-sel saraf.

Manfaat Hormon Prosgesteron bagi Wanita

Jika wanita memahami fungsi hormon progesteron, hal ini dapat membuat wanita dapat lebih memahami mekanisme tubuhnya. Berikut beberapa peran penting progesteron dalam hidup manusia.

  • Sistem reproduksi

Progesteron yang disebut juga hormon kehamilan ini memiliki banyak peran dalam pertumbuhan janin, di antaranya:

  1. Selama proses menyusui, progesteron menginisiasi laktasi/persiapan menyusui. Setelah persalinan, penurunan kadar progesteron akan memicu produksi ASI.
  2. Jika pembuahan tidak terjadi, maka menstruasi akan terjadi, diawali dengan penurunan kadar hormon progesteron.
  3. Progesteron berperan mengubah endometrium dalam mempersiapkan rahim sebagai tempat tumbuhnya janin. Progesteron juga mengubah lendir leher rahim dan sel epitel vagina menebal sehingga tidak dapat ditembus sperma sebelum waktunya.
  4. Menurunkan respons imun wanita selama pembuahan untuk mempersiapkan terjadinya kehamilan.
  • Sistem saraf

Hormon progesteron mendukung perkembangan neuron pada otak dan berperan melindungi jaringan otak dari kerusakan. Selain itu, hormon ini juga berperan dalam pemulihan cedera otak dengan mengurangi peradangan serta mencegah risiko apoptosis atau kematian sel.

Selain beberapa fungsi-fungsi hormon progesteron di atas, hormon ini juga berperan menormalkan pembekuan darah, kadar oksigen dalam sel, kadar tembaga dan seng, serta tonus pembuluh darah.

Progesteron juga dapat mencegah kanker endometrial dengan mengatur efek estrogen, serta berperan memberi sinyal pada fungsi pankreas dan pelepasan insulin. Pada pria, progesteron dapat berperan penting dalam mengatur tingkah laku pria, seperti sikap pria pada bayi.

Manfaat Progesteron Buatan

Progesteron buatan dapat diberikan secara oral, suntikan, dan tersedia juga dalam bentuk menyerupai gel. Berikut beberapa fungsi hormon progesteron buatan secara medis:

  • Sebagai gel, progesteron dapat dioleskan pada vagina untuk menangani ketiadaan menstruasi pada wanita yang belum memasuki masa menopause.
  • Pada wanita hamil, beberapa penelitian menemukan bahwa pengolesan gel progesteron pada vagina dapat mengurangi risiko bayi lahir prematur.
  • Progesteron dapat diberikan kepada pasien yang beberapa kali mengalami keguguran karena kekurangan progesteron.
  • Berperan membantu meluruhkan lapisan endometrial yang menebal pada wanita yang menstruasinya terlambat.
  • Dikonsumsi selama masa tertentu pada siklus menstruasi untuk menangani epilepsi katamenial, yaitu kondisi neurologis kronis akibat kejang yang terus berulang dan diperparah oleh siklus menstruasi.

Baca juga: Efek Hormon Progesteron Rendah Bagi Wanita Saat Hamil

Gunakan obat progesteron dengan mengikuti anjuran dokter atau sesuai petunjuk pemakaian pada kemasan. Periksakan diri Anda ke dokter secara berkala selama menggunakan progesteron agar perkembangan kondisi bisa tetap dikontrol.

Bagi Anda yang ingin mengonsumsi obat hormon progesteron, harap berhati-hati terutama bagi penderita gangguan ginjal, deep vein thrombosis, gangguan hati, gangguan jantung, asma, emboli paru, migrain, hipertensi, epilepsi, diabetes melitus, dan depresi.