Ladies, Inilah 4 Tanda Tubuh Tak Sehat yang Sering Disepelekan

jerawat-pada-bibir-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Ada beberapa perbedaan kondisi tubuh yang pasti dialami oleh setiap wanita. Perbedaan itu antara sebelum dan setelah melahirkan. Pasalnya, ketika masih muda dan belum melahirkan, seluruh hormon dan organ tubuh berjalan normal sebagaimana mestinya. Sedangkan, setelah melahirkan biasanya akan muncul berbagai macam gangguan yang sayangnya sering diabaikan oleh sebagain besar wanita.

Padahal, tanda-tanda tak sehat itu sudah muncul. Entah karena tak sadar atau memang tak memerhatikan kesehatan, banyak yang mengabaikan hal tersebut. Akhirnya, kondisi tubuh akan semakin buruk dan menyebabkan berbagai macam masalah pada kesehatan.

Untuk lebih jelas, berikut adalah 4 tanda tubuh tak sehat yang sering disepelekan.

1. Mata Pucat

Perlu diketahui, tak hanya kulit saja yang bisa pucat, tapi mata juga bisa. Mata pucat memang hal yang normal, tapi jika ada sebabnya, misal karena suhu yang terlalu dingin. Tapi, jika mata sering pucat tanpa sebab yang pasti, maka Anda perlu mengkhawatirkannya. Sebab, mata yang pucat, apalagi berwarna kekuningan bisa mengindikasikan ada masalah pada empedu atau hati. Biasanya, hal ini terjadi pada wanita yang telah melahirkan.

2. Bibir Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah adalah kondisi yang wajar dan bisa dikarenakan sariawan. Namun, beda lagi ketika dialami oleh wanita yang telah melahirkan anak. Bibir pecah bisa diindikasikan adanya ketidakstabilan hormon yang memengaruhi sirkulasi darah dalam tubuh. Biasanya, hal ini terjadi akibat suhu yang tidak normal di dalam tubuh. Untuk itu, sering-seringlah mengonsumsi air hangat sebagai penawarnya.

3. Kaki Sering Dingin

Hal ini umum dialami oleh kebanyakan wanita yang telah melahirkan. Kaki dingin sendiri tak bisa diabaikan jika terjadi cukup sering, walau dalam cuaca panas. Sebab, kaki dingin bisa saja mengindikasikan bahwa telah terjadi pengencangan pembuluh darah pada beberapa bagian tubuh yang imbasnya akan ke kaki. Maka dari itu, segera periksakan diri Anda ke dokter jika mengalami hal aneh ini, yaitu kaki sering merasa dingin.

4. Telapak Tangan Memerah

Jika telapak tangan Anda sering memerah dengan sendirinya, maka segeralah berkonsultasi ke dokter. Sebab, wanita yang usianya di atas 30 tahun memang sering mengalami gangguan hormon dan laju darah yang mengakibatkan terjadi pengendapan pada beberapa bagian tubuh. Isyaratnya adalah terjadi kemerahan pada kedua telapak tangan.