Tanda-Tanda Tubuh Wanita Mengalami Ketidakseimbangan Hormon

DokterSehat.Com – Menjaga kesehatan tubuh tidaklah hanya dengan menjaga pola makan atau melakukan olahraga dengan teratur saja. Tanpa kita sadari, tubuh kita juga bisa mengalami masalah kesehatan jika hormon-hormon yang ada di dalamnya ternyata mengalami ketidakseimbangan. Apa sajakah tanda-tanda tubuh wanita yang sedang mengalami ketidakseimbangan hormon yang patut untuk kita ketahui.

doktersehat-migrain-wanita-sakit-kepala-kekurangan-vitamin-aneurisma

Jika wanita mengalami insomnia atau kesulitan untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas, bisa jadi penyebab utamanya adalah kekacauan hormon di dalam tubuh. Wanita yang mengalami fase perimenopause atau menopause akan membuat tubuh kekurangan hormon progesteron yang pada akhirnya bisa memicu pola tidur yang lebih kacau. Selain itu, jika wanita mendapati kepalanya mengalami rasa sakit dan migrain yang sangat hebat, maka bisa jadi masala ini ternyata disebabkan hanya karena kurangnya hormon estrogen pada tubuh. Padahal, hormon estrogen inilah yang membuat zat-zat kimia pada otak mampu membuat rasa sakit menghilang. Berkurangnya hormon estrogen akan membuat daya tahan tubuh menurun dan kita pun akan mudah terkena sakit kepala atau migrain.

Ketidakseimbangan hormon pada wanita juga akan memicu munculnya keringat dalam jumlah yang sangat banyak dan tidak normal. Biasanya, penderita menopause atau perimenopause akan rentan mengalami masalah ini. Bahkan, sebuah peneliti dari University of Maryland, dr Valerie Omicioli menuturkan bahwa setidaknya 75 persen wanita akan mengalami keringat berlebihan. Beberapa orang yang sudah terkena masalah keringat berlebihan mengakui jika kualitas hidupnya pun semakin memburuk hanya karena rasa tidak nyaman untuk melakukan berbagai macam hal.

Tubuh yang terkena ketidakseimbangan hormon ternyata juga akan mempengaruhi sistem pencernaan kita. Pakar ginekologi, dr Marcelle pick menuturkan bahwa ketidakseimbangan hormon ini akan membuat kita cenderung mudah merasa lapar meskipun baru saja kita memakan sesuatu. Selain rasa lapar yang berlebihan, kita juga bisa mengalami gangguan metabolisme dan gangguan pada saluran pencernaan. Wanita yang mengalami penurunan kadar estrogen ternyata bisa membuat saluran pencernaan terganggu dan tubuh pun akan cenderung lebih mudah kentut meskipun mengalami susah buang air besar dan perut yang mudah kembung.