Tanda-Tanda Stress Berat Yang Harus Diwaspadai

DokterSehat.Com – Banyak orang yang tidak menyadari jika dirinya ternyata mengalami kondisi stress yang cukup berat. Padahal, kehidupan modern yang penuh dengan berbagai tuntutan ternyata bisa menjadi pemicu stress dimana kita pada akhirnya akan semakin buruk dalam mengatur pola makan dan juga melakukan gaya hidup sehat. Sebelum kita mendapati penyakit yang berbahaya, tentu kita harus mewaspadai beberapa tanda jika kita sudah mengalami gejala stress berat seperti sebagai berikut.

doktersehat-migrain-wanita-sakit-kepala-kekurangan-vitamin-aneurisma

Salah satu tanda jika kita sedang mengalami stress berat bisa dilihat dari kecenderungan tidur kita. Beberapa orang mengaku jika stress berat pada akhirnya memicu masalah susah tidur meskipun tubuhnya sudah sangat mengantuk atau kelelahan. Banyaknya pikiran ternyata membuat sistem tubuh tidak bisa rileks dan membuat tubuh kita tidur dengan mudah. Selain itu, andai kita tetap bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup, kita justru akan cenderung sangat sulit untuk bangun dengan kondisi yang segar. Pakar kesehatan Jane Pernotto Ehrman dari Cleveland Clinic’s Wellness Institute menunjukakn fakta jika stress akan memicu sistem tubuh bekerja dengan sangat keras bahkan saat kita tertidur sehingga saat terbangun, maka tubuh kita pun akan merasa sangat lelah dan tidak segar.

Selain dalam perilaku tidur, kondisi psikologis kita jika mengalami stress berat juga cenderung mengalami perubahan ke arah yang lebih buruk. Sebagai contoh, kita akan cenderung lebih mudah lupa untuk berbagai hal, bahkan untuk hal-hal yang remeh layaknya meletakkan kunci kendaraan pribadi. Stress ternyata bisa mempengaruhi otak kita dalam melakukan konsentrasi dan fokus. Selain itu, stress akan memicu bagian otak primitif akan bekerja dengan lebih besar dan pada akhirnya kita akan lebih mengedepankan emosi alih-alih logika. Karena alasan inilah banyak orang stress yang mudah tersinggung.

Baca Juga:  Khasiat Air Tebu

Tanda yang paling kentara jika kita mengalami stress berat dan harus diwaspadai adalah jika kita cenderung mudah sakit namun sulit untuk sembuh. Stress ternyata ikut menurunkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan jika stress memicu penurunan sistem imun tubuh hingga 30 persen. Sebelum hal ini berlanjut pada penyakit yang berbahaya, ada baiknya kita mengambil cuti istirahat atau setidaknya berlibur untuk memperbaiki stress kita, bukan?