Tanda-Tanda Penuaan Dini yang Kerap Disepelekan Banyak Orang

DokterSehat.Com – Bagi sebagian orang, khususnya kaum hawa, penuaan dini adalah salah satu hal yang sangat ditakuti. Tak hanya menunjukkan jika mereka mengalami pertambahan usia, penuaan dini bisa membuat penampilan seseorang tak lagi secantik saat mereka muda. Biasanya, tanda dari penuaan dini yang paling mudah dikenali adalah munculnya keriput pada wajah. Banyak orang yang mengalaminya di usia muda karena tidak merawat kesehatan kulit dengan maksimal hingga kebiasaan kurang tidur. Selain keriput, ada beberapa tanda-tanda penuaan dini lainnya yang kerap disepelekan orang lain seperti sebagai berikut.

doktersehat-rambut-rontok-daun-jambu-biji

Kerontokan Rambut
Banyak orang yang menyepelekan kerontokan rambut sebagai hal yang biasa dan tidak perlu dikhawatirkan. Padahal, andai kerontokan ini terjadi dengan cukup banyak, maka rambut kita akan semakin menipis dan pada akhirnya memicu kebotakan. Kita tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Pakar kesehatan menyebutkan jika gaya hidup yang buruk layaknya stress, kurangnya asupan makanan yang bergizi, hingga konsumsi obat-obatan tertentu bisa memicu kerontokan sehingga sebaiknya segera ditinggalkan.

Mengendurnya payudara
Banyak sekali pemicu semakin mengendurnya payudara, dari karena menyusui atau bahkan karena semakin bertambahnya usia. Pakar kesehatan menyarankan wanita untuk memilih bra yang tepat dalam menopang payudaranya dan mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi seimbang agar payudaranya tidak mudah mengendur.

Menguningnya gigi
Seiring dengan bertambahnya usia, email gigi akan cenderung semakin menipis. Hal ini ternyata bisa berimbas pada warna gigi yang semakin menguning dan semakin sulitnya pembersihan noda pada gigi. Karena alasan inilah ada baiknya kita rutin membersihkan gigi setiap hari demi mencegah hal ini.

Leher yang berkeriput
Tak hanya pada wajah, leher juga bisa semakin berkeriput dan bahkan terlihat berlipat-lipat layaknya leher ayam kalkun andai kita tidak menjaga gaya hidup sehat. Untuk menghindarinya, kita harus menjaga pola makan dengan gizi seimbang, rutin berolahraga, dan juga tidur dengan waktu yang cukup.