Tanda-Tanda Organ Vital Wanita Bermasalah

DokterSehat.Com – Kepercayaan diri yang didapatkan oleh wanita tidak hanya berasal dari kecerdasan atau kecantikan fisiknya saja. Kepercayaan diri juga bisa didapatkan oleh wanita jika dirinya mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar setiap saat. Dari berbagai bagian tubuh wanita yang harus dijaga kesehatannya, organ vital wanita tentu harus mendapatkan perhatian khusus mengingat organ ini juga sangat rentan terkena berbagai penyakit. Jika organ vital wanita tidak dalam kondisi yang sehat, dikhawatirkan akan muncul berbagai penyakit berbahaya layaknya kanker serviks, kanker rahim, hingga beragai penyakit berbahaya lainnya. Sebagai wanita, kita tentu harus lebih pandai mengenali adanya masalah pada organ vital.

doktersehat-mual-muntah-sakit

Hal pertama yang bisa dikenali sebagai adanya masalah pada organ vital wanita adalah munculnya bau tidak sedap pada vagina. Vagina sendiri bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap layaknya bau amis atau bahkan bau busuk yang sangat menyengat. Jangan sepelekan bau yang tidak sedap ini karena bisa jadi vagina mengalami penyakit berbahaya atau terkena serangan bakteri yang tentu harus diwaspadai.

Organ vital wanita ternyata juga bisa mengalami kekeringan jika kondisinya sedang sangat tidak sehat. Selain itu, jika wanita sudah mengalami menopause, maka organ vitalnya juga cenderung akan kembali mengering. Hanya saja, jika anda masih muda dan organ vital anda terasa sangat kering, segera periksakan konsisi ini ke dokter untuk memastikan jika vagina dalam kondisi yang baik-baik saja.

Keputihan yang berlebihan juga ditengarai akan membuat masalah kesehatan yang tidak boleh disepelekan oleh kaum hawa. Keputihan dalam jumlah yang banyak, terjadi terus-menerus tanpa henti, hingga warna keputihan yang tidak lagi jernih diyakini bisa memberikan dampak buruk masalah lebih besar bagi organ vital.

Baca Juga:  Mengapa Ada Pasangan yang Memakai Pelumas Saat Berhubungan Intim?

Pinggul yang terasa nyeri, khususnya saat siklus menstruasi tiba, ternyata juga menjadi salah satu tanda jika organ vital wanita sedang bermasalah. Pakar kesehatan menyebutkan jika rasa nyeri ini berkaitan erat dengan endomestriosis ataupun fibroid jinak yang tetap harus diwaspadai oleh semua wanita.