Tanda-Tanda Kulit Kita Alergi Dengan Kosmetik

DokterSehat.Com – Banyak wanita yang berpikir jika asalkan kosmetik memiliki merek yang terkenal dan harga yang cukup mahal, maka kosmetik ini akan baik bagi kesehatan kulitnya. Padahal, dalam realitanya tidak semua produk kecantikan akan cocok bagi kulit. Setiap orang, apalagi kaum wanita, memiliki jenis kulit yang berbeda sehingga pemilihan kosmetik pun harus disesuaikan dengan kondisi kulitnya. Jika kita asal memilih kosmetik, bisa jadi kulit wajah akan mengalami tanda-tanda alergi seperti sebagai berikut.

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo

Tanda-tanda paling umum jika kulit kita alergi dengan kosmetik yang kita pakai adalah munculnya warna kemerahan pada kulit wajah. Seringkali, gejala ini akan muncul dalam hitungan menit saja, sehingga anda tidak perlu menunggu hingga beberapa kali pemakaian atau bberapa lama. Selain warna kemerahan, kulit juga akan cenderung terasa panas dan gatal-gatal. Dalam beberapa kasus, beberapa jenis kosmetik yang berdekatan dengan mata layaknya eyeliner, maskara, atau bahkan eyeshadow bisa membuat kulit sekaligus mata mengalami gejala kemerahan dan rasa gatal. Bagi mata sendiri, kadang kala rasa gatal ini disertai dengan produksi air mata yang jauh lebih banyak layaknya menangis. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, bisa jadi kepala kita akan ikut pusing.

Tanda lain yang menunjukkan bahwa kosmetik yang kita pakai tidak cocok adalah kulit mengalami pembengkakan. Biasanya, kosmetik yang dipakai pada area dekat mata layaknya eyeshadow atau maskara akan segera membuat kulit mengalami pembengkakan dan terasa tebal. Jika hal ini terjadi, ada baiknya kita segera membersihkan kosmetik hingga bersih.

Tanda-tanda kosmetik yang tidak cocok bagi kulit kita ini tidak boleh diabaikan. Segeralah menghentikan pemakaian produk ini. Saat kulit terasa gatal, jangan pernah menggaruk atau menggosoknya karena bisa membuat gejalanya menjadi lebih parah. Jika alergi ini tidak segera berhenti meskipun kita sudah menghentikan pemakaiannya, cobalah untuk memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.