Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi

DokterSehat.com – Pemeriksaan kadar kolesterol dalam darah penting dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit pembuluh darah dan jantung. Sekarang Anda sudah bisa memeriksakan kadar kolesterol yang lebih kompleks dalam tubuh.



Kadar kolesterol sebaiknya diperiksakan secar rutin untuk memantau kondisi kesehatan secara keseluruhan. Namun selain melalui pemeriksaan darah, sebenarnya ada tanda-tanda fisik yang dapat dicermati untuk mendeteksi tingginya kadar kolesterol total dalam darah.

Sering pusing di kepala bagian belakang

Pusing di belakang kepala disebabkan oleh adanya penyumbatan pembuluh darah di sekitar kepala. Kolesterol yang telah membentuk plak di pembuluh darah dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan. Bila dibiarkan maka pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan stroke

Tengkuk dan pundak pegal

Aliran darah yang tidak lancar pada pembuluh darah dapat mengakibatkan pegal-pegal di tengkuk dan pundak. Aliran darah yang tidak lancar juga diakibatkan adanya penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan kolesterol.

Tangan dan kaki sering pegal

Menumpuknya kolesterol juga mengakibatkan  pembuluh darah di tangan dan kaki tersumbat. Akibatnya, tangan dan kaki sering mengalami pegal meski tidak melakukan kegiatan yang berat.

Tangan dan kaki sering kesemutan

Penyebab munculnya kesemutan hampir sama dengan munculnya rasa pegal, yakni aliran darah yang tidak lancar di bagian tubuh tertentu. Kesemutan berhubungan dengan saraf yang tidak mendapat aliran darah.

Dada sebelah kiri seperti tertusuk

Dada sebelah kiri berhubungan dengan organ jantung. Bila pembuluh darah di sekitar jantung tersumbat maka bisa menyebabkan rasa nyeri seperti ditusuk. Bahkan nyeri bisa menyebar sampai ke daerah leher. Nyeri dada juga bisa menjadi tanda-tanda dari serangan jantung.