Tanda-tanda Khamilan Bermasalah

DokterSehat.Com – Memiliki bayi yang lucu di tengah keluarga anda menjadi idaman semua yang baru membina keluarga. Sehingga tidak heran jika kehamilan merupakan moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yang baru menikah.

15

Bagi pasangan yang tidak menunda untuk memiliki momongan dan juga diberikan kemudahan ketika mengandung bayi di dalam rahim, tentu saja tidak bermasalah. Sedangkan bagi anda yang bermasalah untuk mendapat momongan, salah satu solusinya berkonsultasi dengan dokter.

Memang tidak saja bagi ibu hamil dengan resiko usia kehamilan tua atau terlalu muda yang dapat membahayakan ibu dan janin. Sehingga penting bagi anda untuk berkonsultasi sebelum kehamilan untuk menghindari masalah-masalah kehamialan. Oleh karena itu untuk menghindari masalah kehamilan ketika anda sedang hamil maka anda harus mengenal beberapa kondisi yang menandakan bahwa kehamilan anda bermasalah.

Ciri-ciri kehamilan bermasalah

Kehamilan yang bermasalah ditandai dengan adanya perkembangan yang abnormal pada janin sehingga mempengaruhi pertumbuhan janin di dalam kandungan. Bahkan dalam beberapa kasus bisa menyebabkan janin yang dikandung meninggal.Dalam mengurangi kehamilan bermasalah maka dibutuhkan persiapaan sebelum merencanakan kehamilan dan selama kehamilan. Kenali ciri kehamilan bermasala yaitu :

  • Bayi di dalam kandungan yang tidak melakukan kegiatan apapun sehingga disebutkan bayi yang mati. Pada usia kehamilan memasuki trimester kedua maka diperlukan perhatian lebih sehingga mempersiapkan persalinan.
  • Terjadinya pembengkakan sehingga menyebabkan gangguan aktivitas ketika anda menggunakan anggota badan kaki,lengan dan menggangu aktivitas anda. Untuk dapat memastikan kesehatan anda sebaiknya anda segera menghubungi ke dokter untuk mengetahui jenis masalah kehamilan yang terjadi.
  • Kontraksi yang hebat ketika kehamilan anda baru saja di usia trimester ke dua sehingga dikhawatirkan akan terjadinya kelahiran premature. Dalam menangani kehamilan bermasalah dengan kondisi seperti ini sebaiknya anda segera pergi ke dokter.
  • Mengalami rasa panas pada saat anda sedang buang air kecil yang merupakan tanda ibu hamil mengalami infeksi pada saluran kencing maka seringkali menggangu kondisi ibu hamil. Untuk mencegah kemungkinan yang terjadi maka sebaiknya anda segera ke dokter untuk berkonsultasi.
  • Tanda kehamilan bermasalah selanjutnya harus sangat teliti dalam membedakannya dikarenakan pada kondisi tertentu masih dikategorikan tanda kehamilan yang wajar. Munculnya flek merah pada usia kehamilan trimester pertama. Selama bercak merah tidak dalam frekuensi yang besar dan tidak disertai dengan sakit pada bagian vagina maka dinyatakan biasa. Sedangkan untuk frekuensi yang banyak sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter.
  • Sering mengalami kram ketika usia kehamilan berkisar antara 1 sampai 3 bulan. Meskipun seringkali kram dialami oleh ibu hamil akan tetapi pada kehamilan bermasalah, kram yang dirasakan dengan intensitas yang lama sehingga dapat menjadi pemicu keguguran.
  • Apabila selama anda hamil seringkali mengalami rasa mual, muntah yang berat sehingga menggangu asupan makanan untuk janin. Pada kondisi tertentu disertai dengan dema yang tinggi dan ibu hamil mengalami gangguan mengkonsumsi makanan dan minuman. Hal inilah yang dapat dikategorikan kehamilan bermasalah sehingga anda harus konsultasi ke medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.