Tanda-Tanda Kerusakan Pada Hati Ini Kerap Kali Kita Abaikan

DokterSehat.Com – Beberapa jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh adalah penyakit yang menyerang organ hati layaknya hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C, atau bahkan perlemakan hati. Biasanya, pecandu alkohol adalah orang-orang yang memiliki resiko besar terkena penyakit hati tersebut. Penyakit hati biasanya memberikan beberapa gejala yang memang cenderung ringan, dan sayangnya gejala-gejala ini kera kali diabaikan dan pada akhirnya penyakit pada hati ini baru terdiagnosis saat kondisinya sudah semakin parah. Sebenarnya, apa sajakah tanda-tanda kerusakan hati yang sebaiknya kita tidak kita abaikan?

doktersehat-hati-atresia-bilia-kelainan-penyakit- saluran-empedu-hepatitis

Naiknya Asam Lambung
Seringkali kita menganggap enteng naiknya asam lambung karena penyebabnya kerap kali adalah jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gas atau asam. Sayangnya, jika asam lambung ini cenderung sering sekali naik tanpa adanya alasan yang pasti dan bahkan diikuti dengan rasa mual-mual dan muntah, bisa jadi ini adalah tanda akan adanya kerusakan hati yang harus segera diperiksakan ke dokter.

Badan Gatal-Gatal dan Mudah Memar
Seringkali kita menganggap badan yang gatal-gatal sebagai hal yang biasa karena bisa disebabkan oleh adanya debu, alergi, atau bahkan serangga. Namun, jika kita termasuk orang yang tidak memiliki alergi pada apapun dan belakangan ini kerap mengalami gatal-gatal, bisa jadi ada perubahan hormonal di dalam tubuh yang berkaitan dengan kerusakan organ hati. Hal yang sama berlaku jika kita kerap menemukan memar-memar yang muncul pada tubuh tanpa alasan yang jelas. Mudahnya tubuh mengalami memar atau bahkan luka adalah tanda dimana hati tidak berfungsi sebagaimana mestinya untuk membekukan darah.

Warna Urin yang Gelap
Jika kita mau memperhatikan warna air seni atau bahkan kotoran saat buang air besar, maka kita bisa menemukan beberapa tanda penyakit tertentu. Salah satunya adalah jika urin kita berwarna cenderung gelap dan berbusa dan tinja kita cenderung lebih cair namun berwarna pucat yang merupakan tanda dari kerusakan hati yang harus segera diperiksakan kondisinya ke dokter.