Tanda-Tanda Kadar Kolesterol Dalam Tubuh Cukup Tinggi

DokterSehat.Com – Sebagian besar masyarakat masih belum melakukan pengecekan pada kadar kolesterol dalam tubuh. Disamping kesadaran yang memang masih rendah, banyak orang yang juga malas mengecek kadar kolesterolnya karena justru takut untuk mengetahui jika kadar kolesterol dalam tubuh cukup tinggi. Padahal, informasi tentang kadar kolesterol dalam tubuh akan sangat penting untuk mengetahui apakah kita memiliki resiko tinggi masalah kesehatan jantung atau terkena stroke sehingga bisa dilakukan pencegahan yang lebih baik. Jika kita mengalami beberapa tanda-tanda berikut ini, bisa jadi anda memiliki kadar kolesterl dalam tubuh yang cukup tinggi dan harus segera dicek.

doktersehat-jantung-calcium-channel-blocker-pembuluh-darah-obat-a-z

Pakar kesehatan dr Aulia Sani dari RS Sahid Sahirman menyebutkan jika tanda pertama yang akan kita rasakan jika kadar kolesterol dalam tubuh cukup tinggi adalah pusing-pusing pada bagian belakang kepala. Pusing ini disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pembuluh darah di kepala yang disebabkan oleh tumpukan plak dan kolesterol. Penyumbatan ini bisa memicu sakit kepala yang bisa berlangsung cukup lama. Selain itu, kondisi pundak dan tengkuk juga cenderung lebih pegal karena tidak lancarnya pembuluh darah pada area ini. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, resiko terkena stroke pun akan sangat tinggi.

Hal berikutnya yang akan dirasakan jika kadar kolesterol dalam tubuh cukup tinggi adalah tangan dan kaki cenderung sering pegal-pegal dan kesemutan, meskipun kita tidak melakukan banyak aktifitas. Rasa pegal-pegal ini dipicu oleh semakin menumpuknya kolesterol pada pembuluh darah sehingga aliran darah akan terhambat. Selain pegal-pegal, terhambatnya aliran darah menuju saraf juga pada akhirnya menyebabkan kesemutan sering terjadi dalam frekuensi yang tidak wajar.

Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh juga akan cenderung menyebabkan rasa tidak nyaman dan sensasi tertusuk pada dada sebelah kiri. Sebagaimana kita ketahui, disinilah letak organ jantung. Tingginya kadar kolesterol membuat penyumbatan aliran darah pada sekitar jantung sehingga rasa nyeri pun muncul dan jika dibiarkan, maka kita pun beresiko terkena serangan jantung yang sangat mematikan.