Tanda-Tanda Gigi Anak Segera Tumbuh

DokterSehat.Com – Setelah bayi mulai berusia enam bulan, biasanya bayi akan mulai mengalami proses pertumbuhan gigi. Meskipun hal ini adalah hal yang normal terjadi, biasanya bayi juga akan menjadi lebih mudah rewel dan terasa kesakitan karena memang proses pertumbuhan ini cukup menyakitkan bagi bayi. Selain rewel, bayi juga akan cenderung mengalami masalah layaknya muntah-muntah, demam, hingga gatalnya gusi.

doktersehat-bayi-rewel-nangis-sakit-perut-demam-flu

Pakar kesehatan dari RS Appollo Cradle, Bangalore, India, bernama dr. Ravi Kyadiggeri, MD, menyebutkan jika setelah berusia enam bulan, bayi yang mengalami pertumbuhan gigi bahkan bisa mengalami masalah layaknya semakin susah makan, demam, diare, hingga penurunan berat badan dengan masif. Hal ini tentu akan membuat orang tua menjadi semakin khawatir dan panik, bukan?

Kyadiggeri menyebutkan jika orang tua tentu harus lebih tenang dalam menyikapi hal ini. Rasa sakit dan tidak nyaman pada gigi dan mulut terjadi karena pada gusi bayi muncullah iritasi ringan yang memang menjadi awal pertumbuhan dari penyakit ini. Selain itu, karena rasa tidak nyaman pada dalam mulut ini, ada kecenderungan anak akan lebih sering memasukkan jari ke mulutnya. Padahal, jari-jari ini belum tentu terjaga kesehatannya karena telah menyentuh berbagai macam mainan dan benda-benda lainnya. Karena alasan inilah penyakit layaknya diare hingga penurunan berat badan bisa segera dicegah.

Untuk mengatasi hal ini, orang tua jelas harus menjadi lebih tanggap terhadap pertumbuhan gigi sang buah hati yang tentu akan membuat mereka merasa sangat tersiksa akibat nyeri. Karena alasan inilah orang tua harus lebih pandai menjaga kebersihan mulutnya dan mengatasi nyeri di dalam mulut. Selain itu, bersihkanlah area gusi sang bayi dengan jari-jari yang bersih sehingga ketegangan pda saraf gigi akan semakin kendur.