informasi kesehatan


Tanda – tanda Dan Gejala Awal Kehamilan

Tanda – tanda Dan Gejala Awal Kehamilan

Tanda Dan gejala awal kehamilan : Hal-hal yang mungkin anda alami sebelum anda mulai perawatan prenatal.

Apakah anda hamil ? Bukti yang sesungguhnya dapat dilihat pada tes kehamilan. Tapi anda bisa menduga  atau berharap bahwa anda hamil, bahkan sebelum anda terlambat menstruasi, bila anda mengalami satu atau lebih tanda Dan gejala kehamilan. Berikut adalah tanda-tanda yang dapat dilihat pada minggu-minggu pertama setelah anda mulai hamil.

Payudara atau putting yang nyeri, bengkak.

Salah satu perubahan fisik yang dialami saat kehamilan adalah perubahan pada payudara. Payudara anda akan terasa berat, sakit atau nyeri bila dipegang. Atau bisa juga terasa lebih penuh Dan lebih berat. Pada dua minggu pertama setelah kehamilan dimulai, payudara anda mulai membesar Dan berubah sebagai persiapan untuk memproduksi susu. Penyebab utama dari perubahan ini adalah meningkatnya produksi hormon esterogen Dan progesteron. Perubahan pada payudara anda akan terlihat lebih jelas apabila anda baru pertama kali hamil.

Kelelahan yang sangat.

Banyak perempuan yang merasa kehabisan tenaga selama kehamilan, terutama pada masa-masa awal. Hal ini mungkin merupakan cara alami untuk membujuk para calon ibu untuk mengambil waktu lebih untuk tidur, dalam rangka persiapan untuk malam-malam dimana dia tidak bisa tidur di masa yang akan datang. Akan tetapi Ada juga alasan fisik untuk kelelahan ini.
Pada minggu-minggu pertama masa kehamilan, tubuh anda bekerja dengan sangat keras – memompa hormon Dan memproduksi lebih banyak darah untuk membawa nutrisi bagi janin anda. Untuk mengakomodasi meningkatnya aliran darah ini, jantung anda memompa lebih keras Dan lebih cepat. Ditambah, hormon progesteron yang merupakan depresan alami bagi sistem syaraf pusat, sehingga adanya hormon ini dalam jumlah yang banyak menyebabkan anda merasa mengantuk. Sebagai tambahahan, adanya kemungkinan hamil dapat menyebabkan timbulnya perasaan khawatir yang dapat menyerap energi anda
dan menyebabkan susah tidur.

Flek darah atau nyeri perut.

Ada yang mengalami flek atau sedikit pendarahan pada saat awal kehamilan, sekitar 10 atau 14 Hari setelah pembuahan. Dikenal sebagai pendarahan karena implantasi, yang terjadi bila sel telur yang telah dibuahi menempelkan dirinya pada dinding uterus. Pendarahan seperti ini biasanya terjadi lebih awal, lebih sedikit Dan warnanya lebih terang daripada darah yang biasa keluar pada saat haid, dan terjadinya hanya sebentar.

Ada juga yang mengalami nyeri atau kram perut pada awal-awal kehamilannya saat rahim mulai membesar. Rasa nyeri ini persis seperti rasa sakit pada saat haid.

Mual dengan atau tanpa muntah.

Mual pada pagi Hari adalah tanda-tanda klasik pada awal kehamilan. Kebanyakan rasa mual mulai terasa sekitar minggu keempat sampai kedelapan kehamilan, tapi muntah-muntah bisa dimulai pada dua minggu pertama setelah kehamilan.

Meskipun mual Dan muntah selama masa kehamilan biasa dikenal dengan nama morning sickness – muntah di pagi Hari, akan tetapi pada kenyataannya bisa terjadi kapan saja. Kelihatannya hal ini terjadi karena peningkatan drastis kadar esterogen yang diproduksi oleh plasenta Dan janin. Hormon ini menyebabkan pengosongan usus berjalan lebih lambat, yang bisa jadi mengakibatkan terjadinya masalah ini. Ibu hamil juga dikenal lebih sensitif terhadap bau, sehingga berbagai macam bau – seperti bau masakan, kopi, parfum atau bau ASAP rokok – dapat memicu terjadinya rasa mual.

Tidak suka atau ingin makan satu makanan tertentu.

Memalingkan hidung anda dari suatu makanan tertentu biasanya merupakan tanda-tanda awal bahwa anda sedang hamil. Bahkan bau makanan tertentu bisa menyebabkan rasa mual di awal kehamilan. Satu studi mengatakan bahwa ibu hamil biasanya tidak suka pada bau kopi di minggu-minggu awal kehamilannya. Daging, produk yang mengandung susu Dan makanan berbumbu tajam adalah objek yang biasanya paling tidak disukai pada saat kehamilan.

Ngidam satu makanan tertentu juga biasa terjadi. Seperti juga gejala kehamilan yang lain, keinginan untuk makan makanan tertentu ini bisa diakibatkan oleh perubahan hormon. Ibu hamil biasanya mengalami perubahan selera makan, terutama pada semester pertama, saat akibat dari perubahan hormon masih sangat kuat.

Sering buang air kecil.

Banyak ibu hamil yang merasakan bahwa mereka jadi lebih sering pergi ke kamar kecil daripada biasanya. Pada trimester pertama kehamilan, hal ini disebabkan karena rahim yang membesar menekan ke arah kandung kemih anda.

Sakit kepala.

Bila anda hamil, anda mungkin akan terganggu dengan seringnya anda mengalami sakit kepala ringan. Pada masa awal kehamilan, sakit kepala mungkin disebabkan oleh meningkatnya sirkulasi darah yang disebabkan oleh adanya perubahan hormon.

Konstipasi.

Konstipasi atau susah buang air besar adalah salah indikator awal terjadinya kehamilan. Peningkatan jumlah hormon progesteron menyebabkan proses pencernaan berjalan lambat, sehingga makanan lebih lambat bisa masuk ke saluran pencernaan, yang bisa menyebabkan terjadinya konstipasi.

Perubahaan suasana hati.

Anda bukan jenis perempuan yang sensitif – jadi mengapa bisa menangis melihat iklan Hallmark? Membanjirnya jumlah hormon dalam tubuh anda di masa awal kehamilan bisa membuat anda luar biasa emosional Dan cengeng. Perubahan suasana hati ini, dari gembira menjadi sedih, juga biasa terjadi, terutama pada trimester pertama.

Merasa pusing dan melayang.

Merasa pusing dan melayang biasa terjadi pada ibu hamil. Sensasi ini biasanya adalah akibat dari perubahan sirkulasi saat pembuluh darah dalam tubuh anda membesar Dan tekanan darah anda menurun. Pada awal kehamilan, rasa pusing ini juga bisa disebabkan oleh rendahnya gula darah.

Suhu basal tubuh meningkat.

Suhu basal tubuh anda adalah temperatur yang diambil secara oral pada saat anda pertama kali bangun di pagi Hari. Temperatur ini akan sedikit meningkat setelah masa ovulasi Dan menetap pada level tersebut sampai anda mendapatkan haid berikutnya. Apabila anda sering mencatat suhu basal tubuh anda untuk menentukan kapan anda mengalami ovulasi, anda akan melihat bahwa peningkatan selama leibh dari dua minggu berarti anda mengalami kehamilan. Pada kenyataannya, suhu basal tubuh akan tetap tinggi selama masa kehamilan anda.

Apakah anda sungguh-sungguh hamil ?

Sayangnya tanda dan gejala awal di atas tidak hanya dikhususkan untuk menandakan adanya kehamilan. Ada beberapa yang menandakan bahwa anda sedang sakit atau periode haid anda akan segera dimulai. Dan, sebaliknya, anda bisa saja hamil tanpa mengalami gejala-gejala seperti di atas.

Akan tetapi, alangkah baiknya bila anda melihat salah satu dari tanda-tanda yang ada pada daftar di atas, segera lakukan tes kehamilan di rumah, terutama bila anda tidak mencatat siklus haid anda atau bila siklus anda selalu bergeser jauh dari satu bulan ke bulan berikutnya. Juga jangan lupa untuk menjaga diri anda baik-baik. Siapa tahu anda benar-benar sedang berbadan dua.

Dokter Sehat

pf button both Tanda   tanda Dan Gejala Awal Kehamilan
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

1,296 Responses to “Tanda – tanda Dan Gejala Awal Kehamilan”

  1. Ada cabang buka praktek nya dokter, saya minta alamat nya,makasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Untuk pemeriksaan langsung ke dokter, anda bisa Lakukan ke dokter mana pun Yg terdekat dengan anda, atau ke RS terdekat. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Dok saya masih telat,hrus nya tgl 3 haid tapi skrg masih blm haid,,,apa org hamil itu smua pasti mual2,buah dada sakit,pusing,pipis terus,? Masalah nya saya tidak merasakan itu semua….saya coba tespek tapi hasil masih negatif

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Tidak semua gejala Hamil seperti itu, Ada juga yg tidak merasakan apa2.
      Gangguan mens bisa juga Karena stress, diet, kelelahan, onat2am termasuk kontrasepsi, Dan hormon. Untuk anda, bila masih belum mens dan hasil masih negatif setelah diulang tes 1 minggu kemudian, kami sarankan untuk memeriksakan langsung ke dokter kandungan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. delviana says:

    Malam dok,sy Mo tny,dah 2 mggu ni sy telat,tp stlh cb TP hasil nya (-),bln ll sy mens tggl 7,biasa nya sy mens lbh cpt 1 minggu Sblm nya,tp sy heran tggl 12 yg ll sy kluar flek coklat gt,prut bawah skit bgt,badan sy pn gatel2,apa sy hamil ato tdk ya dok,memang sy dah 3 thun nikah Lom dpt momongn,tlg konfirmasi nya ya dok,trims

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Untuk Lebih jelas, anda bisa periksakan ke dokter kandungan untuk diperiksa lansgung kondisi rahim anda, apakah Ada Janin atau tidak. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. ahlirambut says:

    Dokter mohon informasinya apakah posisi rahim yang cenderung kebelakang itu tetap bisa hamil? terima kasih atas penjelasan dokter

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Posisi rahim ke belakang tetap bisa Hamil. Dan untuk kehamilan, kondisi sperma juga berpengaruh. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. delviana says:

    Siang dok,sy Mo tny lg,kn dah 2 minggu ini sy telat mens,tp mlh sekarang saya demam,smua PD sakit sluruh tubuh,dan beberapa x muntah,sy mau ke dokter kandungan rada2 takut,krn beberapa thun ll sy pernah operasi kista dinding rahim,y takut klo kista tu muncul lg,tp apa bner riwayat penyakit sy menghambat tuk bs hmil,dan sy jg malu krn klrg suami vonis sy mandul,karna 3 thun nikah Lom ada momongn,tp dgn demam jg gejala kehamilan sy rasa kn skrg,dan apa sy bs periksa kn kebidan aja mslh ini,mohon penjelasan buat sy

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • Dr. Vanny bernadus says:

      Kami sarankan langsung periksakan ke dokter spesialis kandungan. Kista Ada beberapa macam, Dan tidak bisa langsung divonis bahwa Ada kista, tidak Akan bisa Hamil. Dan perlu diketahui, untuk Hamil bukan hanya diperlukan rahim Yg sehat, namun kondisi sperma juga harus sehat. Oleh Karena itu omongan Dari keluarga jangan anda jadikan beban Buat anda. Lakukan program Hamil. Ajak Suami juga untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan. Anda tidak perlu merasa Malu, banyak pasangan Yg menikah Lebih Dari 5 tahun bahkan 10 tahun baru dikaruniai Anak. Semua hanya perlu kesabaran Dan Yg penting dukungan keluarga. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. marlynda dwi says:

    selamat sing dok,
    saya mau tanya, siklus haid saya slalu maju 2 hari setelah menikah.
    bulan agutus ini sy harusnya mens tgl 4 agustus klo dihitung maju 2 hari, karna bulan lalu sy mens tgl 6 juli.
    smp tgl 7 agustus sy blm juga mens.apakah itu tanda dr kehamilan dok?
    terima kasih sebelumnya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bisa ya, bisa jg tidak. Untuk mengetahuinya anda bisa lakukab tes kehamilan dengan tes pack. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. cheilo says:

    Siang dok, aku mau tnya,, smpai saat ini aku blom mens, hrusnya aku mens tgl 29 kmarin, tpi aku tes hsilnya negatif sampai saat ini.,, ini g mna dok, tlong penjelasannya.,,,

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Gangguan mens bisa juga Karena stress, diet, kelelahan, obat2an termasuk kontrasepsi, Dan hormon. Untuk anda, bila masih belum mens dan hasil masih negatif setelah diulang tes 1 minggu kemudian, kami sarankan untuk memeriksakan langsung ke dokter kandungan. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Apakah Saya Hamil? | Ruang Diskusi Dunia Wirausaha - [...] Akan tetapi, alangkah baiknya bila anda melihat salah satu dari tanda-tanda yang ada pada daftar di atas, segera lakukan …
  2. Tanda – tanda Dan Gejala Awal Kehamilan | Propolis Biyang DaliBiz - [...]   Read more: http://doktersehat.com/tanda-tanda-dan-gejala-awal-kehamilan/#ixzz1jeKbsEfK [...]
  3. Kumpulan Berita Terkini - [...] lupa untuk menjaga diri anda baik-baik. Siapa tahu anda benar-benar sedang berbadan dua. Read more: http://doktersehat.com /** Berita9 …
  4. Sharing kesehatan | muti ara's live - [...] terang daripada darah yang biasa keluar pada saat haid, dan terjadinya hanya sebentar. Read more: http://doktersehat.com/tanda-tanda-dan-gejala-awal-kehamilan/#ixzz1jOkSlLGN mudah2an demikian adanya,,karna …
  5. Tanda dan Gejala Kehamilan | Sugeng Medica - [...] http://doktersehat.com/tanda-tanda-dan-gejala-awal-kehamilan/#ixzz232Y8NhAT [...]
  6. Tanda – Tanda Kehamilan | bisnisman.com - […] sumber: http://doktersehat.com […]
  7. Tabiknews.com | Tanda-Tanda Awal Kehamilan - […] Akan tetapi, alangkah baiknya bila anda melihat salah satu dari tanda-tanda yang ada pada daftar di atas, segera lakukan …