Tanda – tanda Dan Gejala Awal Kehamilan

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tanda Dan gejala awal kehamilan : Hal-hal yang mungkin anda alami sebelum anda mulai perawatan prenatal.

Apakah anda hamil ? Bukti yang sesungguhnya dapat dilihat pada tes kehamilan. Tapi anda bisa menduga  atau berharap bahwa anda hamil, bahkan sebelum anda terlambat menstruasi, bila anda mengalami satu atau lebih tanda Dan gejala kehamilan. Berikut adalah tanda-tanda yang dapat dilihat pada minggu-minggu pertama setelah anda mulai hamil.

Payudara atau putting yang nyeri, bengkak.

Salah satu perubahan fisik yang dialami saat kehamilan adalah perubahan pada payudara. Payudara anda akan terasa berat, sakit atau nyeri bila dipegang. Atau bisa juga terasa lebih penuh Dan lebih berat. Pada dua minggu pertama setelah kehamilan dimulai, payudara anda mulai membesar Dan berubah sebagai persiapan untuk memproduksi susu. Penyebab utama dari perubahan ini adalah meningkatnya produksi hormon esterogen Dan progesteron. Perubahan pada payudara anda akan terlihat lebih jelas apabila anda baru pertama kali hamil.

Kelelahan yang sangat.

Banyak perempuan yang merasa kehabisan tenaga selama kehamilan, terutama pada masa-masa awal. Hal ini mungkin merupakan cara alami untuk membujuk para calon ibu untuk mengambil waktu lebih untuk tidur, dalam rangka persiapan untuk malam-malam dimana dia tidak bisa tidur di masa yang akan datang. Akan tetapi Ada juga alasan fisik untuk kelelahan ini.
Pada minggu-minggu pertama masa kehamilan, tubuh anda bekerja dengan sangat keras – memompa hormon Dan memproduksi lebih banyak darah untuk membawa nutrisi bagi janin anda. Untuk mengakomodasi meningkatnya aliran darah ini, jantung anda memompa lebih keras Dan lebih cepat. Ditambah, hormon progesteron yang merupakan depresan alami bagi sistem syaraf pusat, sehingga adanya hormon ini dalam jumlah yang banyak menyebabkan anda merasa mengantuk. Sebagai tambahahan, adanya kemungkinan hamil dapat menyebabkan timbulnya perasaan khawatir yang dapat menyerap energi anda
dan menyebabkan susah tidur.

Flek darah atau nyeri perut.

Ada yang mengalami flek atau sedikit pendarahan pada saat awal kehamilan, sekitar 10 atau 14 Hari setelah pembuahan. Dikenal sebagai pendarahan karena implantasi, yang terjadi bila sel telur yang telah dibuahi menempelkan dirinya pada dinding uterus. Pendarahan seperti ini biasanya terjadi lebih awal, lebih sedikit Dan warnanya lebih terang daripada darah yang biasa keluar pada saat haid, dan terjadinya hanya sebentar.

Ada juga yang mengalami nyeri atau kram perut pada awal-awal kehamilannya saat rahim mulai membesar. Rasa nyeri ini persis seperti rasa sakit pada saat haid.

Mual dengan atau tanpa muntah.

Mual pada pagi Hari adalah tanda-tanda klasik pada awal kehamilan. Kebanyakan rasa mual mulai terasa sekitar minggu keempat sampai kedelapan kehamilan, tapi muntah-muntah bisa dimulai pada dua minggu pertama setelah kehamilan.

Meskipun mual Dan muntah selama masa kehamilan biasa dikenal dengan nama morning sickness – muntah di pagi Hari, akan tetapi pada kenyataannya bisa terjadi kapan saja. Kelihatannya hal ini terjadi karena peningkatan drastis kadar esterogen yang diproduksi oleh plasenta Dan janin. Hormon ini menyebabkan pengosongan usus berjalan lebih lambat, yang bisa jadi mengakibatkan terjadinya masalah ini. Ibu hamil juga dikenal lebih sensitif terhadap bau, sehingga berbagai macam bau – seperti bau masakan, kopi, parfum atau bau ASAP rokok – dapat memicu terjadinya rasa mual.

Tidak suka atau ingin makan satu makanan tertentu.

Memalingkan hidung anda dari suatu makanan tertentu biasanya merupakan tanda-tanda awal bahwa anda sedang hamil. Bahkan bau makanan tertentu bisa menyebabkan rasa mual di awal kehamilan. Satu studi mengatakan bahwa ibu hamil biasanya tidak suka pada bau kopi di minggu-minggu awal kehamilannya. Daging, produk yang mengandung susu Dan makanan berbumbu tajam adalah objek yang biasanya paling tidak disukai pada saat kehamilan.

Ngidam satu makanan tertentu juga biasa terjadi. Seperti juga gejala kehamilan yang lain, keinginan untuk makan makanan tertentu ini bisa diakibatkan oleh perubahan hormon. Ibu hamil biasanya mengalami perubahan selera makan, terutama pada semester pertama, saat akibat dari perubahan hormon masih sangat kuat.

Sering buang air kecil.

Banyak ibu hamil yang merasakan bahwa mereka jadi lebih sering pergi ke kamar kecil daripada biasanya. Pada trimester pertama kehamilan, hal ini disebabkan karena rahim yang membesar menekan ke arah kandung kemih anda.

Sakit kepala.

Bila anda hamil, anda mungkin akan terganggu dengan seringnya anda mengalami sakit kepala ringan. Pada masa awal kehamilan, sakit kepala mungkin disebabkan oleh meningkatnya sirkulasi darah yang disebabkan oleh adanya perubahan hormon.

Konstipasi.

Konstipasi atau susah buang air besar adalah salah indikator awal terjadinya kehamilan. Peningkatan jumlah hormon progesteron menyebabkan proses pencernaan berjalan lambat, sehingga makanan lebih lambat bisa masuk ke saluran pencernaan, yang bisa menyebabkan terjadinya konstipasi.

Perubahaan suasana hati.

Anda bukan jenis perempuan yang sensitif – jadi mengapa bisa menangis melihat iklan Hallmark? Membanjirnya jumlah hormon dalam tubuh anda di masa awal kehamilan bisa membuat anda luar biasa emosional Dan cengeng. Perubahan suasana hati ini, dari gembira menjadi sedih, juga biasa terjadi, terutama pada trimester pertama.

Merasa pusing dan melayang.

Merasa pusing dan melayang biasa terjadi pada ibu hamil. Sensasi ini biasanya adalah akibat dari perubahan sirkulasi saat pembuluh darah dalam tubuh anda membesar Dan tekanan darah anda menurun. Pada awal kehamilan, rasa pusing ini juga bisa disebabkan oleh rendahnya gula darah.

Suhu basal tubuh meningkat.

Suhu basal tubuh anda adalah temperatur yang diambil secara oral pada saat anda pertama kali bangun di pagi Hari. Temperatur ini akan sedikit meningkat setelah masa ovulasi Dan menetap pada level tersebut sampai anda mendapatkan haid berikutnya. Apabila anda sering mencatat suhu basal tubuh anda untuk menentukan kapan anda mengalami ovulasi, anda akan melihat bahwa peningkatan selama leibh dari dua minggu berarti anda mengalami kehamilan. Pada kenyataannya, suhu basal tubuh akan tetap tinggi selama masa kehamilan anda.

Apakah anda sungguh-sungguh hamil ?

Sayangnya tanda dan gejala awal di atas tidak hanya dikhususkan untuk menandakan adanya kehamilan. Ada beberapa yang menandakan bahwa anda sedang sakit atau periode haid anda akan segera dimulai. Dan, sebaliknya, anda bisa saja hamil tanpa mengalami gejala-gejala seperti di atas.

Akan tetapi, alangkah baiknya bila anda melihat salah satu dari tanda-tanda yang ada pada daftar di atas, segera lakukan tes kehamilan di rumah, terutama bila anda tidak mencatat siklus haid anda atau bila siklus anda selalu bergeser jauh dari satu bulan ke bulan berikutnya. Juga jangan lupa untuk menjaga diri anda baik-baik. Siapa tahu anda benar-benar sedang berbadan dua.

Dokter Sehat

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. wawa

    Dok sya mens kmrn tgl 20 desember 2014 dan haid nya 3 hari sprt biasa banyak dan tgl 23-26 sangat sedikit darah nya dan sya pikir sdh bersih lalu tgl 27 mlm (maaf) sya hb dgn suami , tgl 01 jan 2015 malah keluar lg flek pekat b’warna hitam dan sesekali kluar cairan berwarna pink . Dari tgl 20 hingga skrg payudara dan puting terasa sakit tgl 6 jan 2015 sya tp hasil nya negatif , kira2 sya knapa dok ? Mksh ..

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Kami rasa tidak ada apa2. Coba ulangi tes pack 1 minggu kemudian dengan merk yg berbeda. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. herlina

    bun q mau tnya , q telat datang bulan 1 mnggu trs udah q tes hasil nya negatif v q mrsa ad tnda2 kehamilan pas td kluar drah cuma sdkit abs itu ga ad lg darah nya , ap itu bertanda hamil ?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Lakukan tes pack 1 minggu kemudian bila masih belum mens. Lakukan dengan merk yg berbeda. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. herlina

    q mau tnya , q telat datang buln 1 mnggu pas q tes hasil nya negatif , b q merasakan tnda2 kehamilan !
    pas td kluar darah sdikit terus ga ad lg !
    ap itu tanda2 awal kehamilan ?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Lakukan tes pack 1 minggu kemudian bila masih belum mens. Lakukan dengan merk yg berbeda. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. martini

    Pagi dok, sya mau tnya, bln nop sya haid tgl.24, trus bln des sya ga haid, tpi sya TP hasilnya (-) trus smpe akhirnya sya haid lgi tgl.12 jan, tpi hnya 3 hri sdh brsih (biasanya 5 hri brsih), trus dri 3 hri lalu sya merasa demam n mual, apakah itu tanda hamil? Thnx.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Bila ada mens maka artinya tidak hamil. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. yuni

    Dok saia mawu tanya ., saia telat haid satu minggu .. Setelah saia tespeck ternyata positip .. Tapi saia tidak merasakan tanda2 kehamilan .. Apa itu bisa d sebut positip hamil ..

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Bila memang sudah 2 garis maka pisitif hamil. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      1. rere

        slamt siang dok,,maaf saya mau tnya,,bulan lalu kan sya haid tanggal 9,,10 hari lbih cpet di banding bulan biasa ny,,tpi drah ny tu gk kya haid biasa ny,,skrg sya merasa PD sya sakit klo di pegang dan merasa mual,apakah ada kmungkinan sya hamik,,trimz

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

        1. dr. Vanny Bernadus

          Anda bisa lakukan pemeriksaan dengam tes pack untuk mengetahuinya. Trims

          Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. Pingback: Tanda Tanda Kanker UsusInfo Kanker | Info Kanker

  7. Putri

    siang semua,
    sayabaru menikah januari 2015 biasanya saya dapet setiap tanggal 5 tapi februari kemrin saya dapet mens maju tanggal 4 februari dan itu hanya 3hari mensnya, dan bulan ini saya sudah telat 5hari pas testpack hasil positif tapi belum cek ke dokter karna takut diketawain, menurut dokter saya perlu tes lab lagi terlebih dahulu atau langsung ke dokter kandungan yah dok?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Periksakan langaug ke dokter kandungan. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Pingback: Tanda Tanda Penyakit KankerInfo Kanker | Info Kanker

  9. Pingback: Tanda Tanda Keputihan | Kumpulan Cara dan Pengetahuan

  10. Pingback: Tanda Kanker RahimInfo Kanker | Info Kanker

  11. Pingback: Gejala Kanker KandunganInfo Kanker | Info Kanker

  12. Pingback: Tanda Tanda Kanker RahimInfo Kanker | Info Kanker

  13. venantius

    dokter istri saya mual muntah sampai lemas dan ingin nya di bawa kerumah sakit, hal seperti itu normalkah untuk awal kehamilan? dan hal seperti ini kira-kira berlangsung berapa lama?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Hal yg normal pada awal kehamilan terjadi mual dan muntah. Bila samapi tidak ada asupan makana. Dan minuman sama sekali, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. aks

    Dok saya sudah telat haid 2 bulan,saya skrg nerasakan mual2,susah tidur bersendawa,lidah pahit,peryut berdetak,saya kenapa dok. Saya tdk pernah mlakukan hubungan badan dan dll. Akhir2 saya stress mikirinujian dan pda akhirnya stress dgn kondisi saya dok. Saya knp dok?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    1. dr. Vanny Bernadus

      Bila tidak pernah berhubungan sex, maka bisa disingkirkan kemungkinan hamil. Kemungkinan ada karrna faktot stress dan kelelahan. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. rahma

    Dok perut bawah saya sakit .. Rasanya sampe keram pada kaki dan putingnya sakit. Tapi saya jrg klw mau hed sakit .. Biasanya pada hed pertama perut sakit.. Tapi ini sakitnya udh lebih dr 4 hari.. Saya knp ga dok..
    makasih. Mohon sarannya

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      1. rahma

        Ya dok udh telat mesn nya.. Trus skrg mual-mual, rasanya perut gk enak. Perut bawah juga sakit . lidah rasanya pahit, dan suhu badan naik turun ..

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

        1. dr. Vanny Bernadus

          bila sudah menikah atau berhubungan badan, anda bisa memeriksakan dengan tes pack. trims

          Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

Leave a Comment