Tanda – tanda Dan Gejala Awal Kehamilan

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tanda Dan gejala awal kehamilan : Hal-hal yang mungkin anda alami sebelum anda mulai perawatan prenatal.

Apakah anda hamil ? Bukti yang sesungguhnya dapat dilihat pada tes kehamilan. Tapi anda bisa menduga  atau berharap bahwa anda hamil, bahkan sebelum anda terlambat menstruasi, bila anda mengalami satu atau lebih tanda Dan gejala kehamilan. Berikut adalah tanda-tanda yang dapat dilihat pada minggu-minggu pertama setelah anda mulai hamil.

Payudara atau putting yang nyeri, bengkak.

Salah satu perubahan fisik yang dialami saat kehamilan adalah perubahan pada payudara. Payudara anda akan terasa berat, sakit atau nyeri bila dipegang. Atau bisa juga terasa lebih penuh Dan lebih berat. Pada dua minggu pertama setelah kehamilan dimulai, payudara anda mulai membesar Dan berubah sebagai persiapan untuk memproduksi susu. Penyebab utama dari perubahan ini adalah meningkatnya produksi hormon esterogen Dan progesteron. Perubahan pada payudara anda akan terlihat lebih jelas apabila anda baru pertama kali hamil.

Kelelahan yang sangat.

Banyak perempuan yang merasa kehabisan tenaga selama kehamilan, terutama pada masa-masa awal. Hal ini mungkin merupakan cara alami untuk membujuk para calon ibu untuk mengambil waktu lebih untuk tidur, dalam rangka persiapan untuk malam-malam dimana dia tidak bisa tidur di masa yang akan datang. Akan tetapi Ada juga alasan fisik untuk kelelahan ini.
Pada minggu-minggu pertama masa kehamilan, tubuh anda bekerja dengan sangat keras – memompa hormon Dan memproduksi lebih banyak darah untuk membawa nutrisi bagi janin anda. Untuk mengakomodasi meningkatnya aliran darah ini, jantung anda memompa lebih keras Dan lebih cepat. Ditambah, hormon progesteron yang merupakan depresan alami bagi sistem syaraf pusat, sehingga adanya hormon ini dalam jumlah yang banyak menyebabkan anda merasa mengantuk. Sebagai tambahahan, adanya kemungkinan hamil dapat menyebabkan timbulnya perasaan khawatir yang dapat menyerap energi anda
dan menyebabkan susah tidur.

Flek darah atau nyeri perut.

Ada yang mengalami flek atau sedikit pendarahan pada saat awal kehamilan, sekitar 10 atau 14 Hari setelah pembuahan. Dikenal sebagai pendarahan karena implantasi, yang terjadi bila sel telur yang telah dibuahi menempelkan dirinya pada dinding uterus. Pendarahan seperti ini biasanya terjadi lebih awal, lebih sedikit Dan warnanya lebih terang daripada darah yang biasa keluar pada saat haid, dan terjadinya hanya sebentar.

Ada juga yang mengalami nyeri atau kram perut pada awal-awal kehamilannya saat rahim mulai membesar. Rasa nyeri ini persis seperti rasa sakit pada saat haid.

Mual dengan atau tanpa muntah.

Mual pada pagi Hari adalah tanda-tanda klasik pada awal kehamilan. Kebanyakan rasa mual mulai terasa sekitar minggu keempat sampai kedelapan kehamilan, tapi muntah-muntah bisa dimulai pada dua minggu pertama setelah kehamilan.

Meskipun mual Dan muntah selama masa kehamilan biasa dikenal dengan nama morning sickness – muntah di pagi Hari, akan tetapi pada kenyataannya bisa terjadi kapan saja. Kelihatannya hal ini terjadi karena peningkatan drastis kadar esterogen yang diproduksi oleh plasenta Dan janin. Hormon ini menyebabkan pengosongan usus berjalan lebih lambat, yang bisa jadi mengakibatkan terjadinya masalah ini. Ibu hamil juga dikenal lebih sensitif terhadap bau, sehingga berbagai macam bau – seperti bau masakan, kopi, parfum atau bau ASAP rokok – dapat memicu terjadinya rasa mual.

Tidak suka atau ingin makan satu makanan tertentu.

Memalingkan hidung anda dari suatu makanan tertentu biasanya merupakan tanda-tanda awal bahwa anda sedang hamil. Bahkan bau makanan tertentu bisa menyebabkan rasa mual di awal kehamilan. Satu studi mengatakan bahwa ibu hamil biasanya tidak suka pada bau kopi di minggu-minggu awal kehamilannya. Daging, produk yang mengandung susu Dan makanan berbumbu tajam adalah objek yang biasanya paling tidak disukai pada saat kehamilan.

Ngidam satu makanan tertentu juga biasa terjadi. Seperti juga gejala kehamilan yang lain, keinginan untuk makan makanan tertentu ini bisa diakibatkan oleh perubahan hormon. Ibu hamil biasanya mengalami perubahan selera makan, terutama pada semester pertama, saat akibat dari perubahan hormon masih sangat kuat.

Sering buang air kecil.

Banyak ibu hamil yang merasakan bahwa mereka jadi lebih sering pergi ke kamar kecil daripada biasanya. Pada trimester pertama kehamilan, hal ini disebabkan karena rahim yang membesar menekan ke arah kandung kemih anda.

Sakit kepala.

Bila anda hamil, anda mungkin akan terganggu dengan seringnya anda mengalami sakit kepala ringan. Pada masa awal kehamilan, sakit kepala mungkin disebabkan oleh meningkatnya sirkulasi darah yang disebabkan oleh adanya perubahan hormon.

Konstipasi.

Konstipasi atau susah buang air besar adalah salah indikator awal terjadinya kehamilan. Peningkatan jumlah hormon progesteron menyebabkan proses pencernaan berjalan lambat, sehingga makanan lebih lambat bisa masuk ke saluran pencernaan, yang bisa menyebabkan terjadinya konstipasi.

Perubahaan suasana hati.

Anda bukan jenis perempuan yang sensitif – jadi mengapa bisa menangis melihat iklan Hallmark? Membanjirnya jumlah hormon dalam tubuh anda di masa awal kehamilan bisa membuat anda luar biasa emosional Dan cengeng. Perubahan suasana hati ini, dari gembira menjadi sedih, juga biasa terjadi, terutama pada trimester pertama.

Merasa pusing dan melayang.

Merasa pusing dan melayang biasa terjadi pada ibu hamil. Sensasi ini biasanya adalah akibat dari perubahan sirkulasi saat pembuluh darah dalam tubuh anda membesar Dan tekanan darah anda menurun. Pada awal kehamilan, rasa pusing ini juga bisa disebabkan oleh rendahnya gula darah.

Suhu basal tubuh meningkat.

Suhu basal tubuh anda adalah temperatur yang diambil secara oral pada saat anda pertama kali bangun di pagi Hari. Temperatur ini akan sedikit meningkat setelah masa ovulasi Dan menetap pada level tersebut sampai anda mendapatkan haid berikutnya. Apabila anda sering mencatat suhu basal tubuh anda untuk menentukan kapan anda mengalami ovulasi, anda akan melihat bahwa peningkatan selama leibh dari dua minggu berarti anda mengalami kehamilan. Pada kenyataannya, suhu basal tubuh akan tetap tinggi selama masa kehamilan anda.

Apakah anda sungguh-sungguh hamil ?

Sayangnya tanda dan gejala awal di atas tidak hanya dikhususkan untuk menandakan adanya kehamilan. Ada beberapa yang menandakan bahwa anda sedang sakit atau periode haid anda akan segera dimulai. Dan, sebaliknya, anda bisa saja hamil tanpa mengalami gejala-gejala seperti di atas.

Akan tetapi, alangkah baiknya bila anda melihat salah satu dari tanda-tanda yang ada pada daftar di atas, segera lakukan tes kehamilan di rumah, terutama bila anda tidak mencatat siklus haid anda atau bila siklus anda selalu bergeser jauh dari satu bulan ke bulan berikutnya. Juga jangan lupa untuk menjaga diri anda baik-baik. Siapa tahu anda benar-benar sedang berbadan dua.

Dokter Sehat

Print Friendly
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Comments

  1. erni heriyanti

    Dok,ngpa saya sering ke wc hari ini dok,dan saya pun tekjut ngak maok tdur lagi dok,kepala saya.pusing,biasa badan saya meriang dok,apakah itu tanda* kita maok mulai hamil ya dok.maksih

  2. Nina

    Dok,saya merasakan perut terasa penuh walaupun tidak makan apa2 & kembung,peranakanpun terasa mengembang/bengkak..tapi tanggal 29 kemarin saya seperti dapat haid yang anehnya hari pertama hanya flek sedikit,hari ke dua flek lumayan banyak tapi darah berwarna hitam dan,lalu hari ke 3 keluar banyak tapi darah yg keluar berwarna hitam..selajutnya hanya flek sedikit2,& yang anehnya saya kemarin 9 hari,kalau haid biasanya saya hanya 5/6 hari..sekarang perut saya merasakan keram & perut terasa penuh lagi,apakah saya hamil/gimana ya..mau tespack masih belum berani..mohon bantuannya dok.

    1. Dr. Eko

      Selamat malam Nina
      Dari keluahn yang anda kemukakanmasih belum dapat disimpulkan apakah keluar darah yang terakhir merupakan haid atau suatu tanda keguguran
      silakan melakukan pemeriksaan test pack urin untuk memastikan
      Terima kasih

  3. chacha

    dokter..saya adalah pasangan muda yg blum lama mnikah..bulan ini saya sudah terlambat menstruasi selama 5 hari..saya juga merasa kram perut seperti saat haid selama 2 hari terakhir..tadi pun saya merasa migrain..apakah itu merupakan gejala hamil dokter??karna saat masa subur saya dan suami berhubungan tp sperma tidak dikeluarkan didalam..
    mohon bantuanya dok..
    sebelum dan sesudahnya sy ucapkan terimakasih..

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam ibu,
      sudahkah ibu membaca artikel diatas tentang tanda dan gejala awal kehamilan? untuk usia terlambat haid 5 hari biasanya belum memberikan gejala apapun namun bila terlambat haid berlanjut, silahkan melakukan pemeriksaan urin (tes pack) saat terlambat haid 2 minggu.
      untuk gejala yang ibu sampaikan bukan gejala spesifik kehamilan.
      terimakasih

  4. Iank

    Selamat malam,
    saya adlah slh 1 psangan pnunda khamilan, suami saya kerja diluar kota yg mengharuskan dia pulang beberapa bln sekali. Sdh 3 bln suami saya baru pulang kebetulan saya baru beres haid tapi msi ada bercak coklat. Suami saya minta HB awalnya sy tolak tv sya jg mrsa kasian akhirnya qt HB slm dia d rmh (4 hri ) nah pas mau brangkat krj lg suami sy bilang ” sayang maaf ya wkt prtma plg, kmren mlm, trus td pgi, aq klepasan ” sy kget soalnya blm siap hmil krn msi jauhan sm suami. Esoknya saya baru ngeh perut saya agak buncit, nafas saya jd cpt, gx enk badan, ad prasaan gx enk d perut saya, sya mkan tv trus nya mual. Tiap hri nya kluar cairan bning kecoklatan speti benang.. Itu tandanya apa ya? Trus kiranya hamil kmungkinan besar bkal hmil/gx?
    Trimakasi

    1. Dr. Eko

      Selamat Pagi Iank
      bila hubungan sexual dilakukan sesaat sesudah anda selesai haid, tidak berpeluang besar terjadi kehamilan, karena bukan masa subur
      Masa subur atau ovulasi pada wanita terjadi 14 hari sebelum perkiraan haid berikutnya

      keluhan perut saya agak buncit, nafas saya jd cpt, gx enk badan, ad prasaan gx enk d perut saya, sya mkan tv trus nya mual, dapat disebabkan karena beban psikologis karena anda belum siap hamil

      Sedangkan keluarnya cairan bening kecoklatan dapar disebabkan karena adanya lecet pada dinding vagina saat hubungan seksual
      bila berlanjut menjadi keputihan yang banyak dan berubah warna atau berbau, segera periksa ke dokter
      Terima kasih

  5. likaa

    Selamat pagii…
    Dok saya mau tanya saya sudah 2 tahun mnikah tapi blm punya momongan.. saya mau nanya gejala2 di atas itu dirasakan sebelum telat haid atau setelah telah haid dok??? Thanks

  6. Pingback: payudara kencang tanda hamil - Foto Ngentot Memek Abg Tante Perawan Bugil

  7. Vika

    Hallo dok..

    Saya mau tanya, apakah suntik pemecah telur (folikel)/ ovidrel bisa menghasilkan positif palsu ?..

    Karrna pagi ini sy test pack hasilnya ada garis + samar, sevelumnya sy disuntik pemecah sel telur jumat lalu (12/2) setelah diketahui folikel sy sdh mncapai 19,6mm dan ketebalan rahim 7,7 (hasil usg transv) , kemudian Hb antara 24-36 jam stlhnya dok..

    Hpmt saya 25 jan dok.. saat ini PD mulai sakit, mudah lelah, bbrpkali kram ringan diperut bwh dan suhu tubuh meningkat trs setiap bgn tdr.. apakah ini gejala pembuahan berhasil / hamil dok ?

    Mohon pencerahannya.. trimakasi byk sblmnya

  8. iboy

    Hey dok, Saya pasangan muda

    Sayaa bertanya, dari tanda2 diatas, sudah menunjukkan kebenaran akan kehamilan belum, soalnya setelah menguji dengan testpack, hasilnya negatif, mohon info dan penjelasannya dok

    Trima kasih

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat pagi,
      silahkan melakukan pemeriksaan test pack seminggu kemudian untuk melihat hasil yang lebih adekuat.
      terimakasih

  9. via

    Dok sy mau tanya. .sy udh telat mens 3 bln. .sblumny melkukan Hb sma pcr d kluarn d dlem dok. .n pert sy rsany kembung trus slma tu dok. .ap tu tnda sy hmil yaa dok. .

    1. dr. Eko B

      Silakan test pack ulang
      Sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual sebelum anda menikah
      terima kasih

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Via, apakah perut anda juga tampak membesar?
      Sebaiknya tetap di testpack ulang, bila positif berarti anda hamil
      bila hasilnya negatif sebaiknya periksa ke Dokter Sp Kandungan untuk diperiksa adakah gangguan hormonal
      terima kasih

  10. Pingback: payudara kencang tanda hamil - Komik Hentai XXX Manga Dewasa

  11. Pingback: payudara sakit tanda hamil - Komik Hentai XXX Manga Dewasa

  12. Siska

    Selamat malam dok
    Saya ibu muda 26thn . Hampir 1bulan saya haid tapi setelah beberapa minggu saya tespek hasil positif tapi kondisi saya skrng msh keluarin flek kaya haid cuma ga banyak dok . Bahaya kah dan apakah bener itu pertanda awal kehamilan . Mohon bantuan nya dok .

    1. Dokter Eko B

      Selamat malam Siska
      maaf, apakah anda masih mengalami flek-flek
      sebaiknya anda segera periksa ke Dokter kandungan dan melakukan bed rest karena perlu diwaspadai terjadinya keguguran (abortus imminens)
      terima kasih

  13. Pingback: Tanda Penyakit Flek Pd Anak – Kumpulan Asuhan Keperawatan

  14. Pingback: Gejala Perut Buncit Dan Kembung – tips menghilangkan perut buncit

  15. RullySalim

    Dok saya haidnya tdk teratur kadang maju kadang mundur setelah menikah makin tdk teratur
    Pernah telat 11hari,kirain hamil tetapi haid
    Skrg tumben saya mual muntahnya air kepala pusing berdiri seperti melayang dok Dan perut sakit bergantian
    Apakah itu tanda kehamilan dok ??
    Mohon infonya dok
    Thanks

    1. Dr. Yulia Evita

      selamat malam,
      sekarang anda sudah terlambat haid berapa lama??
      bisa gejala kehamilan namun bisa disebabkan gejalalain.
      untuk lebih memastikan silahkah lakukan pemeriksaan testpack
      terimakasih

  16. Mbak Nung

    Assalamualaikum
    Selamat malam dok..mau tanya apa perbedaan nyeri payudara yg mau dtng haid sama awal kehamilan ?
    Trimakasih

  17. Dokter Eko B

    Selamat malma Mbak Nung
    rasa nyeri pada payudara belum tentu merupakan tanda pasti kehamilan, dan tidak dapat dibedakan secara pasti
    silakan periksa dengan testpack kehamilan
    terima kasih

  18. Nurlya

    Selamat malam dok,, saya terakhir haid 4 feb 2016 smp skrg sy msh blm haid sudah test pack 3x hasil msh (-) lalu tgl 27 maret 2016 saya cek ke dktr SPOG n hasil USG dinyatakan blm ada tanda kehamilan.. saya hnya dikasih folavit saja dok.. menurut dokter bgmna? Mgkn ada pendapat lain..
    Cattan haid saya teratur dok..

    Trims

    1. Dokter Eko B

      Selamat siang Nurlya
      bagaimana penjelasan yang diberikan setelah diperiksa oleh Dokter SpOG?
      bila dalam 2 bulan anda tidak kunjung mendapat haid silakan kontrol kembali ke Dokter Sp. Kandungan (SpOG) terima kasih

Leave a Comment

Isi Angka Dibawah Untuk Menghindari Spam *