Tanda-Tanda Anda Telah Berolahraga Secara Berlebihan/ Overtraining

DokterSehat.Com – Berolahraga dengan rutin adalah salah satu syarat untuk mendapatkan tubuh yang jauh lebih sehat. Dengan berolahraga, kita bisa membuat peredaran darah menjadi lebih lancar sehingga banyak organ tubuh yang bekerja dengan lebih baik. Selain itu, berolahraga akan membuat persendian tubuh juga menjadi terlatih dan membuat badan menjadi lebih bugar dan lebih fit. Sayangnya, kadang kala kita melakukan olahraga secara berlebihan sehingga tubuh pun menjadi pegal dan terasa sakit. Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan kita berolahraga secara berlebihan.

doktersehat-lari-jogging

Setelah berolahraga, akan sangat normal jika kita merasa lelah. Hanya saja, beberapa orang justru merasakan kelelahan yang sangat berlebihan dan berlangsung dengan sangat lama. Tubuh yang kelelahan ini menunjukkan bahwa kita berolahraga dengan intensitas yang berlebihan dan tidak sesuai dengan kekuatan tubuh. Selain rasa lelah yang berlebihan, nafsu makan yang drastis dengan menurun juga menjadi tanda anda sangat kelelahan dan berolahraga dengan sangat berlebihan. Selain itu, anda akan membutuhkan waktu istirahat yang cukup lama untuk memulihkan kondisi tubuh yang kelelahan. Seharusnya, istirahat sebentar atau setidaknya beristirahat selama satu malam saja maka keesokan harinya tubuh sudah merasa sehat dan fit kembali.

Olahraga yang berlebihan juga akan memicu perubahan mood dan emosi. Olahraga yang dilakukan secara berlebihan akan membuat tubuh memproduksi hormon stress dalam jumlah yang besar sehingga kita bisa mudah mengalami depresi, rasa marah, kecemasan, atau bahkan kebingungan. Dalam beberapa kasus, kita juga bahkan kehilangan minat untuk melakukan olahraga karena tubuh yang terlalu lelah.

Dengan tubuh yang kelelahan karena olahraga berlebihan, tubuh bisa terkena susah tidur mengingat kelelahan akan memicu rasa tidak tenang dan kecemasan berlebihan. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga cenderung semakin menurun karena banyaknya luka karena olahraga yang berlebihan. Tubuh yang kelelahan juga akan memicu performa yang menurun baik itu saat melakukan olahraga maupun untuk melakukan beberapa kegiatan sehari-hari layaknya dalam dunia pekerjaan.