Tanda-tanda Alergi Pada Kosmetik

DokterSehat.Com – Kosmetik merupakan salah satu kebutuhan utama yang dimiliki oleh para wanita. Setiap harinya setiap wanita tak bisa dipisahkan dari kehadiran kosmetik untuk melengkapi penampilannya. Mulai dari perawatan wajah, perawatan kulit, perawatan kuku, hingga perawatan rambut saat ini kian komplit.



Para wanita biasanya akan rela menghabiskan banyak uang yang mereka miliki hanya untuk membeli kosmetik. Ya ini karena dengan kosmetik tersebut para wanita dapat tampil cantik sehingga mereka dapat lebih percaya diri.

Namun seiring penggunaan kosmetik yang kian beragam oleh para wanita, mereka kurang menyadari akan bahaya-bahaya yang dapat timbul dari pemakaian kosmetik yang tidak sesuai. Dari sekian banyak bahaya yang timbul dari pemakaian kosmetik ini satu di antaranya adalah tentang alergi yang banyak dialami oleh mereka yang memiliki kulit sensitif. Alergi kulit karena kosmetik ini biasanya akan memunculkan berbagai tanda yang di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Bengkak
    Pembengkakan bisa terjadi jika Anda menggunakan kosmetik yang tidak cocok. Utamanya hal itu sering terjadi pada kelopak mata. Baik itu eye shadow, maskara, atau eyeliner dapat  membuat bagian kulit di sekitar mata bengkak. Anda harus waspada dengan produk kecantikan yang Anda gunakan. Jika terjadi pembengkakan, atasi langsung, agar tidak merembet ke bagian lainnya.
  • Problem mata
    Penggunaan maskara atau eyeliner yang tidak cocok juga bisa menyebabkan alergi pada mata. Mata akan menjadi gatal dan kemerahan, bahkan bisa membuat kelopak mata menjadi tebal. Anda harus sedikit sensitive terhadap setiap gejala yang ada. Karena gejala sekecil apapun bisa menyebabkan luka yang lebih parah.
  • Kemerahan
    Tanda pertama yang biasanya muncul jika makeup tidak cocok dengan kulit Anda adalah kemerahan. Reaksi ini bisa muncul dalam waktu lama dan biasanya beberapa saat setelah penggunaan makeup, biasanya akan ditandai dengan rasa gatal dan panas, setelah itu muncul warna kemerahan pada kulit. Jika Anda merasakan demikian, berarti Anda mungkin mengalami alergi makeup.
Baca Juga:  Benarkah Bra Dapat Meningkatkan Resiko Kanker Payudara?

Solusi

Lantas apa yang harus dilakukan jika sudah terjadi gejala-gejala seperti yang sudah disebutkan di atas.

  • Yang pertama yang harus Anda lakukan ialah menghentikan pemakaian produk tersebut. Semahal apapun harganya, jika tidak cocok, bisa menimbulkan alergi, dan lebih baik tidak digunakan lagi.
  • Hindari iming-iming produk yang tidak jelas mereknya. Saat ini banyak sekali kosmetik palsu yang memiliki kadar merkuri tinggi yang dapat menyebabkan kulit rusak. Hati-hati memilih produk kecantikan, pilihlah yang sudah benar-benar teruji khasiatnya.
  • Sebelum menggunakan kosmetik, ada baiknya jika Anda membersihkan kulit wajah terlebih dahulu agar wajah bersih dan terhindar dari iritasi.
  • Alat makeup harus selalu dirawat kebersihannya agar terhindar dari kuman
  • Jika kulit Anda sudah terkena alergi yang parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar segera bisa ditangani oleh ahlinya.

Pemilihan kosmetik harus benar-benar dipertimbangkan agar tidak menimbulkan alergi makeup dan risiko di kemudian hari. Jika sudah terjadi alergi, jalan utamanya adalah mengganti kosmetik dengan yang lebih aman. Kesehatan memang menjadi hal penting. Setiap wanita tentu ingin terhindar dari penyakit apapun, salah satunya karena penggunaan kosmetik.

Segera konsultasikan ke dokter bila alergi makeup menjadi semakin parah. Gejala sekecil apapun, bisa menyebabkan penyakit serius jika tidak ditangani dengan benar. Tetap waspada Ladies!