informasi kesehatan


Tanda-tanda Akan Melahirkan

Tanda-tanda Akan Melahirkan

DokterSehat.com – Tanda-tanda melahirkan adalah isyarat bahwa proses melahirkan sebentar lagi akan terjadi. Apabila tanda-tanda melahirkan tersebut sudah ada dan terjadi, berarti sudah waktunya untuk bersiap-siap ke dokter atau rumah sakit atau bidan.

Secara umum, mengejangkan rahim di perut atau dikenal dengan istilah kontraksi merupakan pertanda bahwa ibu hamil siap untuk melahirkan. Kontraksi ini disertai rasa mulas serta sakit di pinggang dan paha. Kontraksi akan muncul dan hilang secara teratur dengan frekuensi makin lama makin meningkat. Intensitas kontraksi merupakan istilah yang menunjukkan ukuran membukanya jalan lahir, yang diukur dengan jari atau centimeter. Pembukaan jalan lahir ini mulai dari pembukaan 1 sampai pembukaan 10.

Secara garis besar tanda-tanda melahirkan di antaranya adalah :

  • Kontraksi rahim yang terus berlangsung sampai bayi lahir, yang disertai rasa sakit, nyeri atau kejang yang semakin lama semakin meningkat. Rasa sakit saat kontraksi dimulai dari rahim bagian atas, kemudian menjalar ke bawah sampai bagian atas tulang kemaluan. Kontraksi ini datang dan hilang secara teratur. Jika kontraksi terjadi setiap 5 menit sekali itu tandanya bayi mulai siap untuk dilahirkan.
  • Pada bagian vagina akan keluar lendir yang disertai darah karena dorongan kontraksi yang membuka mulut rahim.
  • Karena kontraksi pula, ketuban pecah dan keluar cairan jernih, putih kekuningan dalam jumlah banyak pada vagina. Perlu disadari tentang adanya kontraksi palsu, yang bukan merupakan pertanda akan melahirkan. Kontraksi palsu ini biasanya bertujuan untuk menyiapkan mulut lahir untuk membesar dan meningkatkan aliran darah di dalam plasenta (ari-ari).

Daftar Pustaka 9 Bulan yang Menakjubkan, Seri Ayah Bunda, Penerbit Gaya Favorit Press, 2000

Sumber : kimiafarmaapotek.com

pf button both Tanda tanda Akan Melahirkan
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

One Response to “Tanda-tanda Akan Melahirkan”

  1. :) says:

    :)

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 0