Tanda-Tanda Akan Melahirkan

DokterSehat.Com – Selamat datang di akhir kehamilan, barangkali anda hanya tinggal menunggu selama beberapa jam atau beberapa hari ke sebuah proses yang mendebarkan yaitu melahirkan. Namun apapun yang terjadi anda harus bersiap-siap melepaskan julukan sebagai calon ibu dengan kata penuh makna ibu.



Namun sebelum hal tersebut terwujud ada baiknya, kita mengetahui, sebetulnya proses melahirkan itu dimulai dengan tanda-tanda seperti apa, hingga kita yakin jika kita mendapatkan tanda tersebut, tenaga, mental, dan pikiran akan kita kerahkan guna menghadapi proses melahirkan.

Pada kebanyakan wanita, melahirkan dimulai antara minggu ke 39 dan 41 usia kehamilan. Namun karena lama kehamilan setiap orang berbeda-beda, maka banyak bayi yang dilahirkan pada salah satu minggu tersebut tanpa menunjukkan tanda-tanda prematur atau lahir terlambat. Pada bulan-bulan akhir kehamilan, tubuh anda memproduksi progesteron yang bertujuan melunakkan jaringan di sekitar cervix (leher rahim menghubungkan uterus dan vagina) dan pelvis (panggul) untuk persiapan proses melahirkan. Melahirkan di mulai saat kontraksi rahim mulai meregangkan jaringan di sekirar cervix.

Berikut ini beberapa tanda-tanda melahirkan yang pada umumnya dialami para ibu hamil :

  1. Terjadinya kontraksi secara terus menerus hingga bayi lahir yang disertai dengan rasa sakit, kejang atau nyeri yang semakin lama semakin meningkat. Rasa sakit yang dirasakan dimulai dari bagian atas rahim hingga bagian bawah tulang kemaluan. Dan biasanya kontraksi ini akan hilang dan datang lagi secara teratur. Jika kontraksi terjadi setiap kisaran 5 menit, itu berarti kalau bayi dalam perut siap untuk dilahirkan.
  1. Dibagian kemaluan akan mengeluarkan lendir dan darah yang diakibatkan dorongan bayi pada saat kontraksi yang membuka mulut rahim.
  1. Dengan terjadi dorongan pada saat kontraksi mengakibatkan pula ketuban pecah dan mengeluarkan cairan jernih, putih kekuningan dalam jumlah banyak. Tapi perlu anda ketahui bahwa tentang adanya kontraksi palsu, yang bukan merupakan pertanda akan melahirkan. Kontraksi palsu ini biasanya bertujuan untuk menyiapkan mulut lahir untuk membesar dan meningkatkan aliran darah di dalam plasenta (ari-ari).
Baca Juga:  Penyebab Wanita Sulit Hamil

Itulah tadi beberapa tanda-tanda melahirkan secara umum, semoga info yang kami berikan dapat memberikan masukan atau solusi bagi ibu hamil yang melahirkan buah hatinya.