Mengalami Hal Ini? Waspada Usus Bocor

doktersehat-kanker-usus-besar-Inkontinensia-Usus-1024

DokterSehat.Com– Mungkinkah usus di dalam perut kita bisa bocor? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini ternyata sangat mungkin terjadi. Dalam dunia medis masalah kesehatan ini disebut sebagai leaky gut syndrome.

Dilansir dari Express, dr. Rajendra Sharma menyebut sindrom usus bocor berbeda dengan iritasi usus besar. Kondisi ini bisa memicu rasa nyeri, peradangan, bahkan membuat persendian dalam tubuh ikut-ikutan mengalami pembengkakan.

Dr. Sharma berkata bahwa sindrom usus bocor ini dipengaruhi oleh kondisi yang disebut sebagai permeabilitas atau kondisi dimana bakteri mampu menembus dinding usus. Hal ini membuat makanan yang belum benar-benar dicerna dengan baik akan masuk ke dalam aliran darah. Biasanya, kondisi ini lebih sering dipicu oleh pola makan yang sangat buruk.

Sindrom usus bocor juga terkait dengan beberapa jenis penyakit autoimun seperti lupus. Selain itu, beberapa masalah kesehatan lainnya seperti nyeri sendi, sakit kepala, depresi, asma, sakit kepala, hingga gangguan pada kulit juga bisa menjadi pertanda dari kebocoran pada usus.

Untuk mendeteksi apakah usus kita mengalami kebocoran atau tidak, kita perlu melakukan tes darah atau tes urine. Jika sampai kita didiagnosis terkena masalah kesehatan ini, maka kita pun harus melakukan pengobatan atau terapi tertentu dan mengubah pola makan dengan menghindari makanan yang bisa memicu peradangan atau alergi pada tubuh.

“Konsumsi probiotik, suplemen, atau obat-obatan herbal yang bisa menurunkan peradangan pada usus dan seluruh tubuh juga sangat disarankan bagi penderita sindrom usus bocor. Dengan melakukan hal ini, maka kerusakan pada dinding usus bisa diatasi dengan baik,” jelas dr. Sharma.