4 Tanda Bahwa Tubuh Anda sudah Siap dengan Kehamilan

hamil-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Bagi sebagian besar wanita, khususnya yang telah menikah, kehamilan merupakan salah satu proses penting dalam kehidupan yang paling ditunggu-tunggu. Sebab, seorang wanita dapat dikatakan sebagai wanita seutuhnya jika mereka telah bisa mengandung dan melahirkan seorang keturunan.

Tak heran jika banyak pasangan suami istri yang melakukan berbagai cara agar bisa dipercepat memeiliki keturunan, mulai dari mengikuti program kehamilan, hingga rutin mengonsumsi makanan yang mempercepat kesuburan.

Akan tetapi, tidak semua wanita bisa memiliki kesempatan hamil dengan cepat dan mudah, sehingga mereka harus menunggu lebih lama. Sebenarnya, ada beberapa tanda yang menjelaskan bahwa tubuh seorang wanita sudah siap untuk hamil. Apa saja tanda itu? Berikut penjelasannya:

1. Perubahan Suhu Tubuh

Salah satu cara untuk menentukan masa subur adalah dengan cara menjaga suhu tubuh. Biasanya, suhu tubuh akan mengalami sedikit penurunan sebelum ovulasi. Sedangkan setelah masa ovulasi tersebut berakhir, suhu tubuh akan kembali normal bahkan meningkat melampaui suhu normal.

2. Kram Ringan

Tidak hanya saat masa menstruasi saja perut mengalami kram. Namun, saat masa subur atau ovulasi, perut juga akan mengalami kram ringan. Bedanya, kram ovulasi biasaya hanya terjadi di salah satu sisi perut saja. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami kram ringan di salah satu sisi perut saja, itu artinya Anda sudah siap menghadapi proses kehamilan.

3. Lendir Serviks

Tanda selanjutnya dalah keluarnya lendir serviks atau cairan yang keluar melalui miss V. Ketika Anda berada di masa tidak subur, maka lendir serviks yang keluar akan terlihat lebih kering. Sedangkan pada saat masa subur, lendir serviks yang keluar jauh lebih kental, lengket, dan berwarna putih.

4. Payudara Lebih Sensitif

Biasanya, jika payudara Anda terasa lebih sensitif dan mudah sakit saat disentuh, tandanya Anda akan mengalami menstruasi. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi saat Anda sedang dalam masa ovulasi atau masa subur. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan kadar progesterone dalam tubuh. Sehingga, payudara akan terlihat sedikit membengkak.