Tanda Setengah Lingkaran Pada Kuku Ternyata Bisa Menjelaskan Kondisi Kesehatan

DokterSehat.Com – Banyak orang yang bertanya-tanya apa arti dari tanda setengah lingkaran yang ada pada kuku jari tangan kita. Tanda ini memang cenderung berbeda-beda pada setiap orang dimana ada yang cukup jelas terlihat dan ada pula yang kurang jelas terlihat. Menurut pakar kesehatan kulit dari Cleveland Clinic bernama Tamara Lior, MD, kuku memang bisa menandakan kondisi kesehatan seseorang. Sebenarnya, apa arti dari tanda setengah lingkaran dari kuku ini?

kuku_doktersehat

Tamara sendiri pernah bertemu dengan seseorang yang memiliki warna kuku yang kebiruan. Ia meminta orang tersebut untuk memeriksakan paru-parunya. Benar saja, setelah diperiksa oleh dokter, paru-paru orang tersebut ternyata tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup dan memiliki cukup banyak cairan di dalamnya.

Menurut Tamara, adanya tanda setengah lingkaran pada kuku adalah indikasi dari kinerja tiroid dalam tubuh yang masih sehat. jika pada kuku kita tidak ditemukan tanda setengah lingkaran tersebut, bisa jadi kinerja tiroid cukup lemah dan kita pun cenderung memiliki rambut yang tipis, mudah depresi, dan mudah mengalami perubahan mood.

Tak hanya tanda setengah lingkaran, pada kuku juga bisa ditemukan bintik-bntik putih. Adanya bintik putih ini ternyata menandakan tubuh sedang kekurangan asupan zinc. Padahal, zinc sangatlah penting bagi pertumbuhan anak-anak. Tak hanya itu, kekurang zinc pada orang dewasa bisa membuatnya beresiko terkena diare, gangguan pada nafsu makan, penurunan sistem imun, hingga rambut rontok.

Tanda lain yang bisa kita lihat pada kuku adalah adanya garis yang kasar pada permukaan kuku. Andai yang muncul adalah garis vertikal, maka hal ini menandakan bahwa tubuh sedang kekurangan zat besi. Sementara itu, adanya garis horizontal pada kuku menandakan tubuh kekurangan vitamin A dan vitamin C.