Tanda Rabun Dekat Dan Cara Mengatasinya

DokterSehat.Com – Pernahkah Anda merasa kesulitan membaca atau melihat objek di dekat Anda? Ya, bisa jadi Anda menderita rabun dekat. Gejalanya tidak hanya itu, bisa saja Anda juga merasa kelelahan dan harus menyipitkan mata sewaktu melihat benda terdekat.



Beberapa orang juga merasa nyeri seperti terbakar pada matanya dan sakit kepala saat membaca. Gangguan mata ini juga dapat menyebabkan mata juling pada anak dan kesulitan belajar. Jika ada anggota keluarga yang memiliki rabun dekat, Anda bisa saja mengalami gangguan mata tersebut.

Rabun dekat terjadi karena titik fokus jatuh dibelakang retina, bukan tepat diretina. Sama seperti rabun jauh, gangguan mata yang satu ini juga dapat diatasi dengan penggunaan kacamata khusus untuk rabun dekat.

  • Walaupun operasi seperti LASIK dapat membantu, tetap saja masih ada kemungkinan komplikasi yang dapat terjadi.
  • Jenis operasi lainnya yang bisa juga dilakukan adalah Conductive keratoplasty dengan memanfaatkan gelombang radio, guna memberikan panas pada titik tertentu di sekitar kornea, sehingga kelengkungan kornea dapat diperbaiki.
  • Cara kerja Conductive keratoplasty dapat disamakan seperti plastik pembungkus yang sedang meregang saat terkena panas. Namun sayang, manfaat tindakan medis ini hanya sementara.

Sewaktu Anda memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter, sebaiknya menanyakan hal berikut :

Apa kelebihan atau kekurangan menggunakan kacamata jika dibandingkan dengan lensa kontak? Seberapa sering Anda harus memeriksakan kondisi mata Anda? Apakah gangguan mata yang Anda derita membutuhkan tindakan medis yang lebih serius, seperti operasi? Apa efek samping yang bisa timbul dari beberapa metode yang disarankan?

Selain itu, dokter juga seringkali menanyakan riwayat kesehatan Anda, misalnya; Kapan pertama kali Anda merasakan timbulnya gejala rabun jauh? Apakah Anda menderita diabetes atau penyakit tertentu? Apakah Anda sedang mengonsumsi herbal atau obat-obatan tertentu? Apakah Anda merasakan adanya perubahan pandangan sewaktu menggeser objek ke arah yang jauh atau dekat?

Baca Juga:  Rumah Sakit Umum Daerah Ajidarmo

Dengan mempersiapkan hal tersebut, Anda dan dokter akan lebih mudah mengatasi gangguan mata yang sedang diderita. Sebuah situs kesehatan Mayo Clinic memberikan informasi 3 spesialis mata berdasarkan pengalamannya :

  • Ophthalmologists, ini adalah spesialis mata dengan gelar Dokter Medis (M.D.) atau Dokter Osteopati (D.O.) yang mampu memberikan perawatan mata secara total, berupa evaluasi mata, pemberian resep lensa korektif, diagnosa gangguan mata secara umum ataupun kompleks, bahkan operasi mata.
  • Optometrists, ini adalah dokter mata dengan pendidikan dokter optometri (O.D.) yang dilatih untuk memeriksa mata, membuat resep lensa korektif, dan mendiagnosa gangguan mata secara umum.
  • Optik, ini merupakan spesialis mata yang menerima resep pembuatan kacamata, termasuk merakit, menyesuaikannya, dan menjualnya. Beberapa optic bahkan diperbolehkan menjual lensa kontak.

Mencegah terjadinya rabun dekat sama seperti pada penderita rabun jauh, walau tidak sepenuhnya dapat dihindari tapi Anda tetap dapat mengurangi resikonya dengan mengonsumsi vitamin A dan menghindari kebiasaan merokok. Dengan demikian Anda dapat mengatasi rabun jauh yang diderita!