Tanda Peringatan Kanker Payudara

DokterSehat.Com – Kanker payudara adalah kanker yang paling umum didiagnosis pada wanita. Kanker payudara memang lebih umum di kalangan wanita. Tapi bukan berarti pria juga tidak berisiko akan ancamannya. Beberapa kasus kanker payudara pada wanta terdiagnosa setelah mammogram, tapi kadang-kadang seorang wanita atau dokter mungkin melihat perubahan pada payudara selama palpitasi. Perubahan ini memerlukan evaluasi lebih lanjut guna memastikan ada tidaknya indikasi kanker payudara.



Kanker payudara biasanya diawali dengan adanya sekelompok sel kecil di payudara yang mulai tumbuh secara tak terkendali. Akibatnya, beberapa efek awal kanker payudara adalah benjolan lokal dan massa dalam payudara. Karena sel tumor adalah hasil dari pertumbuhan sel yang tidak normal, maka sel tersebut akan terlihat berbeda dari jaringan sekitarnya. Benjolan ini mungkin terasa lebih kencang dibandingkan jaringan di sekitarnya, atau mungkin terasa sakit ketika disentuh. Karena sel tumor tumbuh tanpa dukungan normal dari jaringan ikat, maka akan tampak perubahan pada permukaan payudara. Hal ini dapat menyebabkan perubahan puting atau kulit yang menjadi kasar. Karena sel tumor juga dapat mengganggu saluran yang mengarah ke puting, kanker payudara dapat menyebabkan keluarnya cairan mencurigakan dari puting.

Berikut sebuah peringatan yang dapat anda waspadai mengenai kanker payudara :

  • Benjolan payudara atau lumpiness
    Timbulnya benjolan ketika anda sedang menstruasi, itu hal yang biasa dialami sebagai salah satu gejala PMS. Payudara mengalami pembengkakan akibat adanya perubahan hormon estrogen saat menstruasi. Akan tetapi jika mengalami perkembangan dengan adanya pembersaran benjolan payudara anda harus melakukan pemeriksaan payudara kepada dokter.

    Tidak banyak wanita yang tau mengenai perubahan yang terjadi pada tubuhnya.Begitu juga dengan perubahan payudara yang bersifat abnormal yang memicu kanker payudara. Jaringan payudara secara alami memiliki tekstur bergelombang. Bagi beberapa wanita, benjolan akan lebih parah dibandingkan dengan yang lainnya. Dalam kebanyakan kasus, adanya benjolan menjadi tanda payudara anda bermasalah.

    Benjolan yang terasa lebih keras atau berbeda dari sisi lainnya maka mungkin merupakan tanda  anda mengalami keadaan abnormal pada payudara . Benjolan yang keras kadang-kadang terasa seperti kerikil,anggur ataupun kacang polong. Pada dasarnya bisa menjurus menderita kanker payudara atau pula  kondis seperti kista atau fibroadenoma. Untuk mendapatkan gambaran yang jelas harus melakukan pemeriksaan USG atau mamografi . Disarankan untuk anda yang memasuki masa premenopause (usia 35 tahun) untuk melakukan pemeriksaan rutin. Payudara mengalami pembengakan yang baru anda temui seperti jerawat disekitar areola (yaitu lingkaran yang berwarna hitam disekitar puting) kemungkinan ini merupaka  benjolan abnormal. Anda dapat berkonsultasi ke dokter jika anda menemukan keluhan seperti di bawah ini :

  1. Anda menemukan benjolan baru atau perubahan yang terasa berbeda dari sisa payudara anda.
  1. Anda mengalami penyusutan payudara , terutama pada bagian puting tenggelam.
  1. Merasakan pembengkakan dan nyeri di luar gejala PMS yang berlangsung  jangka panjang.
  1. Asimetri terbaru dari payudara .Walaupun secara umum bagi wanita untuk memiliki satu payudara yang sedikit lebih besar dari yang lain, jika terjadinya perubahan dari biasanya, harus diperiksa.
  • Perubahan dalam puting
    Perubahann puting tidak dapat dikatakan semuanya adalah tanda-tanda kanker payudara. Perubahan  yang normal bisa terjadi karena adanya respon, anda sedang menyusui, atau terkadang kondisi medis (meskipun dalam kasus hanya sedikit yang mengalami hal ini).  Pada dasarnya bentuk dan puting areola (lingkaran hitam sekitar puting) satu wanita dengan wanita lainnya memiliki perbedaan.

    Akan  tetapi jika perubahan yang baru terhadap bentuk puting dan areola sehingga menarik ke dalam dan tidak akan kembali ke posisi reguler jika dirangsang, mungkin menjadi tanda masalah.  Kulit payudara, areola, atau puting yang menjadi bersisik, merah, atau bengkak. Benjolan kecil di areola anda bisa dikarenakan kelenjar Montgomery.

    Anda mungkin harus memiliki ductogram atau biopsi jarum halus dilakukan untuk dapat mengetahui sifat sebenarnya dari benjolan puting. Kadang-kadang benjolan di bawah puting atau areola karsinoma duktal in situ, bentuk yang sangat diobati kanker payudara stadium awal. Adapun jika puting anda megeluarkan air susu sedangkan anda tidak sedang menyesui  atau anda keluarnya darah dari puting anda. Hati-hati  juga untuk perubahan kulit payudara yaitu dengan adanya kulit menebal, kulit seperti tekstur  jeruk, penampilan meradang, hangat daripada suhu kulit normal hingga mengalami perubahan  puting. Anda mungkin memiliki ruam biasa atau infeksi payudara, tetapi  anda disarankan untuk diperiksa oleh dokter untuk memastikan itu bukan penyakit kanker payudara inflamasi.