Tanda Menstruasi Anda Tidak Normal

DokterSehat.Com – Sangat wajar bagi wanita yang mengalami ketidaknyamanan pada perut ketika sedang datang bulan, seperti kembung atau kram. Akan tetapi, beberapa wanita dapat mengalami periode menstruasi yang lebih berat dari yang lain, normalkah hal tersebut?



Periode menstruasi dikatakan tidak normal jika telah mengganggu kehidupan Anda sehari-hari. Jika rasa sakit pada perut sangat parah, tubuh lemah, dan terjadi pendarahan yang berlebihan hingga mengganggu keseharian Anda di sekolah atau di tempat kerja, segera periksakan ke dokter.

Sebuah survei yang dilakukan terhadap 1.200 wanita di Amerika menemukan bahwa 1 dari 10 wanita mengalami menstruasi yang sangat berat. Tetapi sekitar 32 persen dari peserta survei yang mengaku mengalami periode menstruasi yang berat setiap bulannya, tidak memeriksakan diri ke dokter dengan alasan malu atau menganggap hal ini bukan masalah besar.

Periode berat menstruasi tersebut dapat membuat wanita kehilangan produktivitasnya baik di tempat kerja maupun di rumah, karena sakit perut yang luar biasa dan tubuh yang lemah. Survei juga menunjukkan bahwa periode berat menstruasi dapat mempengaruhi kondisi emosional wanita.

Sekitar 93 persen wanita dengan periode menstruasi yang berat mengatakan bahwa dirinya kurang bersemangat dalam menjalani hari-hari ketika sedang datang bulan. Sedangkan sekitar 65 persen melaporkan bahwa dirinya merasa kurang percaya diri dan hanya ingin tinggal di tempat tidur sepanjang hari selama datang bulan.

Selain malu, wanita seringkali tidak menyadari bahwa periode menstruasinya tidak biasa, sehingga dirinya tidak memeriksakan diri ke dokter, kata Diana Ramos, MD, ahli Obstetri dan Ginekologi di Keck USC School of Medicine yang memimpin survei tersebut.

Berikut ini tanda-tanda yang akan membantu Anda mengetahui bahwa menstruasi Anda tidak normal :

  • Darah terlalu banyak
    Mengganti pembalut tiap 3 jam sekali sangat wajar. Yang tidak wajar adalah jika dalam waktu satu jam atau kurang, pembalut Anda sudah sangat basah, bahkan Anda  dapat merasakan alirannya hampir setiap waktu. Lalu, gumpalan-gumpalan kecil yang sesekali muncul juga wajar. Namun jika gumpalan sering muncul dan dalam ukuran besar, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter. Pendarahan ini dapat menyebabkan anemia, dan membuat Anda merasa lemas.
  • Tidak teratur
    Stres, olahraga berlebihan, penurunan atau kenaikan berat badan secara drastis, dapat membuat jadwal menstruasi Anda tertunda, dan tentu dokter Anda dapat membantu Anda menanganinya. Tapi jika Anda mengalami haid yang sangat panjang, lalu tidak haid selama berbulan-bulan, bisa jadi itu adalah Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), gangguan yang disebabkan oleh hormon yang rusak. PCOS bisa menyebabkan pertumbuhan rambut yang berlebihan dan kenaikan berat badan. Namun, ada obat yang dapat membantu menyembuhkan penyakit ini, konsultasikan dengan dokter Anda.
  • Nyeri haid parah
    Hampir semua wanita mengalami nyeri saat datang bulan. Namun jika sakitnya sangat parah hingga Anda tidak bisa berolahraga, atau bahkan tidak bisa keluar rumah, Anda patut waspada karena itu ciri-ciri endometriosis. Ini terjadi saat kelenjar yang tumbuh dalam rahim Anda menyebar ke daerah lain seperti ovarium dan kandung kemih. Endometriosis dapat menimbulkan rasa kram yang parah, dan mengarah ke masalah yang lebih serius jika tidak segera ditangani. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mengalami nyeri haid parah setiap bulannya.
Baca Juga:  Sering Bekerja Lembur Berbahaya Bagi Kesehatan

Cukup mengkhawatirkan ya Ladies. Sesegera mungkin konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami tanda-tanda di atas, agar tidak membuat kondisi Anda makin buruk.