Tanda-Tanda Bahwa Anda sedang Mengalami Iritasi Kulit

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo-1024

DokterSehat.Com– Bagi sebagian besar wanita, tampil cantik setiap saat adalah hal yang paling utama. Maka tak heran, jika mereka akan melakukan berbagai cara untuk melakukan perawatan mulai dari ujung kaki hingga ujung rambut agar terlihat sempurna. Perawatan yang umumnya mereka lakukan adalah dengan menggunakan produk kecantikan ataupun dengan bahan-bahan alami.

Akan tetapi, bagi mereka yang ingin mendapatkan hasil yang cepat dan mudah, mereka akan memilih untuk menggunakan produk kecantikan. Sayangnya, produk kecantikan buatan pabrik mengandung bahan kimia yang tentunya dapat merusak kulit. Salah satu akibat dari penggunaan bahan kimia tersebut adalah iritasi pada kulit. Berikut adalah beberapa tanda iritasi kulit yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

1. Muncul Kemerahan Di Wajah

Ketika Anda menggunakan suatu produk kecantikan wajah, lalu tiba-tiba wajah Anda menjadi merah, bisa jadi hal tersebut adalah tanda-tanda bahwa Anda sedang mengalami iritasi kulit. Selain memerah, kulit Anda juga akan terasa gatal dan lebih sensitif. Bahkan, rasa gatal tersebut bisa berkumpul di satu bagian wajah atau bisa menyebar ke beberapa bagian lainnya. Segera pergi dokter kulit bila bercak merah tersebut semakin parah.

2. Muncul Jerawat

Selanjutnya yang menjadi tanda bahwa Anda sedang mengalami iritasi kulit adalah timbulnya jerawat pada wajah. Jerawat bisa disebabkan oleh produksi minyak berlebih dan itu bisa jadi karena penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

3. Terasa Panas

Jika wajah Anda terasa panas setelah memakai produk kecantikan, hal tersebut menandakan bahwa produk kecantikan yang Anda gunakan tidak bekerja dengan baik di wajah Anda. Selain itu, rasa panas tersebut juga bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang megalami iritasi kulit. Sebaiknya Anda menghentikan pemakaian dan segera periksakan kulit Anda ke dokter kulit.

4. Kulit Wajah Mengelupas

Jika Anda sudah berada di dalam kondisi wajah mengelupas, tanpa perlu berpikir panjang lagi sebaiknya Anda  hentikan pemakaian produk kencatikan tersebut. Sebab, kulit mengelupas terjadi saat eksofoliasi kulit yang terlalu keras sehingga menyebabkan iritasi kulit. Segera periksakan ke dokter dan gantilah produk kecantikan Anda dengan produk kecantikan alami yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.