Tanda Dan Gejala Penyakit Tifus

Dokter Sehat – Tifus adalah penyakit infeksi bakteri yang masuk ke tubuh melalui saluran cerna, dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh melalui darah. Tifus disebabkan oleh bakteri salmonella serovarian typhi dan paratyphi, kuman ini dapat hidup lama di air yang kotor, makanan tercemar, dan alas tidur yang kotor. Terdapat ratusan jenis bakteri salmonella, tetapi hanya empat jenis yang dapat menimbulkan tifus yaitu salmonella serovarian typhy, paratyphi A, paratyphi B, dan paratyphi C.

13

Apabila jumlah kuman yang masuk ke tubuh cukup banyak, kuman akan menempel pada sel usus kemudian berkembangbiak di sana. Kuman kemudian masuk dan menembus dinding usus sehingga masuk ke aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh, sehingga menimbulkan infeksi pada organ tubuh di luar saluran cerna.

Tanda dan gejala penyakit tifus biasanya berupa demam tinggi hingga 39-40oC, demam ini naik turun. Tidak ada tanda dan gejala spesifik dari penyakit ini, namun biasanya hanya merasakan keluhan-keluhan seperti hilangnya nafsu makan, sakit kepala, sakit dan lemah seluruh badan, demam yang naik turun, diare terus menerus, sakit dada, dan sakit di bagian perut. Keluhan-keluhan tersebut rata-rata terjadi antara satu hingga dua minggu, penyakit tifus sendiri biasanya berlangsung selama empat minggu.

Dokter Sehat