Flu pada Anak – Tanda dan Gejala

doktersehat-anak-sakit-panas-demam

Gejala flu biasanya mulai berkembang setelah 2-3 hari setelah terpapar virus. Beberapa gejala yang biasa dialami adalah:

  • Gejala klasik meliputi demam tinggi hingga mencapai 40 derajat celcius, menggigil, nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, batuk kering, dan malaise (tidak enak badan). Gejala ini biasanya berlangsung selama tiga sampai empat hari, tapi batuk dan kelelahan dapat berlama-lama hingga dua minggu setelah demam pergi.
  • Pada anak-anak yang lebih muda, pola flu mungkin seperti kondisi infeksi saluran pernafasan lainnya seperti croup, bronkitis, atau pneumonia. ¬†Selain itu, anak-anak lebih sering mengalami sakit perut, muntah dan menjadi mudah tersinggung.
  • Pada bayi, flu sering kali tidak dikenali karena tidak memiliki gejala yang spesifik. Gejala yang dapat dikenali adalah nafsu makan yang buruk, kelesuan dan menurunnya metabolisme.

Sebagian besar penderita flu pulih dalam waktu kurang dari satu minggu.Meskipun begitu, sejumlah orang ada yang masih mengalami batuk atau rasa lelah hingga beberapa minggu ke depan.

Kapan Anda Harus ke Dokter?

Pertanyaan yang paling sulit bagi orang tua dan pengasuh adalah kapan memanggil dokter untuk gejala terkait flu.  Berikut ini adalah beberapa panduan tentang kapan seharusnya menghubungi dokter:

Untuk anak di bawah usia 5 tahun dan terutama anak-anak yang memiliki penyakit kronis seperti asma, konsultasikan dengan dokter untuk memutuskan apakah anak perlu diperiksa. Segera hubungi dokter jika:

  • Demam berlanjut setelah tiga hari
  • Adanya ingus hidung yang berlangsung lebih dari 10 hari
  • Ingus hidung menjadi kental dan kuning.
  • Adanya ingus yang keluar dari mata.
Flu pada Anak – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6
ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik