Fasciitis Nekrotikan – Tanda dan Gejala

Gejala dan tanda-tanda fasciitis nekrotikan bervariasi dengan tingkat dan perkembangan penyakit. Fasciitis nekrotikan sering mempengaruhi ekstremitas atau daerah genital (gangren Fournier), meskipun setiap area tubuh lainnya dapat terlibat.

doktersehat-mual-muntah-makanan-kadaluarsa

Di awal perjalanan penyakit, pasien dengan fasciitis nekrotikan mungkin awalnya tampak baik, dan mereka mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda yang berkaitan dengan infeksi yang mendasarinya. Beberapa individu awalnya mungkin mengeluh sakit atau nyeri, mirip “otot tertarik.” Namun infeksi dengan cepat menyebar, gejala dan tanda-tanda dari penyakit parah menjadi jelas.

Fasciitis nekrotikan umumnya muncul dalam bentuk kemerahan lokal, hangat, bengkak, dan nyeri, sering menyerupai infeksi kulit superfisial (selulitis). Seringkali, rasa sakit dan nyeri yang dialami oleh pasien tidak sesuai dengan temuan yang terlihat pada kulit. Demam dan menggigil dapat hadir. Selama beberapa jam hingga beberapa hari, kemerahan pada kulit dengan cepat menyebar dan kulit bisa menjadi kehitaman, keunguan, atau warna gelap. Bagian atas dari kulit kemerahan akan menjadi eskar nekrotik (scabs hitam), pengerasan kulit (indurasi), kerusakan kulit, dan dapat terjadi drainase luka. Kadang-kadang sensasi berderak halus dapat dirasakan di bawah kulit (krepitus), yang menandakan gas dalam jaringan. Rasa sakit parah dan nyeri yang dialami kemudian dapat berkurang karena kerusakan saraf, menyebabkan anestesi lokal dari daerah yang terkena. Jika tidak diobati, infeksi terus menyebar dan keterlibatan tubuh luas selalu terjadi, sering menyebabkan sepsis (penyebaran infeksi ke dalam aliran darah) dan dapat menyebabkan kematian.

Gejala yang berhubungan lainnya terlihat dengan fasciitis nekrotikan mungkin termasuk malaise, mual, muntah, lemah, pusing, dan kebingungan.

Kapan seseorang mencari perawatan medis untuk fasciitis nekrotikan?
Identifikasi awal dan pengobatan fasciitis nekrotikan sangat penting dalam rangka meningkatkan kemungkinan hasil yang menguntungkan. Karena perkembangan yang cepat dari kondisi ini, indeks kecurigaan yang tinggi dan deteksi dini diperlukan untuk segera memulai pengobatan darurat. Orang-orang dengan masalah kesehatan atau sistem kekebalan tubuh yang lemah harus sangat waspada. Konsultasikan dengan dokter jika ada gejala atau tanda-tanda berikut berkembang:

  • Tiba-tiba terdapat kulit kemerahan, hangat jika disentuh, lembut jika ditekan, bengkak, terkait dengan atau tanpa riwayat luka pada kulit
  • Perubahan warna kulit (kehitaman, ungu, berbintik-bintik, hitam) atau adanya tekstur kulit tertentu (lecet, luka terbuka, pengerasan, krepitus)
  • Drainase terbuka dari luka
  • Demam atau kedinginan
  • Rasa sakit atau ketidaknyamanan area tubuh berhubungan dengan atau tanpa trauma sebelumnya
Baca Juga:  Fasciitis Nekrotikan - Penegakan Diagnosis

Jika seseorang telah dievaluasi sebelumnya oleh dokter dan ada perkembangan gejala di atas, atau jika seseorang gagal untuk sembuh (bahkan dengan pengobatan antibiotik di rumah), segera lakukan evaluasi ulang. Jika fasciitis nekrotikan dicurigai, pembedahan harus segera dilakukan.