Tanda Anda Alergi Penisilin

DokterSehat.com – Antibiotik merupakan obat untuk mengatasi infeksi bakteri. Dari berbagai jenis antibiotik, penisilin merupakan salah satu antiobitik yang terkenal dan sudah lama digunakan.



Efek Samping

Berdasarkan kebanyakan kasus, efek samping akibat penggunaan penisilin tidak menunjukkan sesuatu yang serius. Biasanya setelah menggunakan penisilin seseorang yang memiliki alergi akan mengalami diare atau sering buang air besar, mual, muntah, dan sakit perut. 

Gejala

Alergi akan timbul bila terdapat alergen. Saat tubuh mengalami kontak dengan alergen maka sistem kekebalan tubuh akan bereaksi dengan cara yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Seseorang yang memiliki alergi dengan penisilin biasanya akan mengalami masalah kulit, seperti gatal-gatal disertai pembengkakan dan sensasi menyengat.

Biasanya gatal-gatal akan dialami di wajah, tenggorokan, dan telinga. Selain itu, reaksi alergi yang muncul adalah kulit melepuh. Masalah kulit dapa berlangsung berminggu-minggu tergantung tingkat keparahan reaksi alerginya.

Saat pembengkakan terjadi di dalam tenggorokan, kondisi ini berpotensi mengakibatkan penyumbatan parsial pada saluran udara sehingga penderita mengalami kesulitan bernafas. Sementara reaksi alergi penisilin yang parah bisa ditunjukkan dengan pembengkakan pada lidah, tenggorokan, dan bibir.

Reaksi Alergi Tertunda

Meskipun reaksi alergi umumnya muncul dalam satu atau dua hari setelah terpapar penisilin, namun tidak semuanya berlangsung demikian. Gatal dan pembengkakan bisa muncul beberapa minggu setelah obat dikonsumsi.

Pengobatan

Seseorang yang menderita reaksi alergi penisilin harus segera memberitahukan kondisi ini kepada dokter supaya dokter tidak salah memberi resep. Dalam kebanyakan kasus, dokter akan menyarankan penghentian penggunaan penisilin dan merekomendasikan obat alternatif.

Sebagai upaya pencegahan, sebaiknya lakukan tes alergi pada kulit sebelum mengkonsumsi antibiotik. Alergi penisilin ini tergolong jarang dialami orang.

Baca Juga:  Sarapan Pagi Bisa Menurunkan Resiko Stroke

Mereka yang didiagnosis alergi penisilin bisa selalu minum antibiotik lain yang tidak berkaitan dengan kelompok penisilin