Tanaman Rotan solusi Radang Tenggorokan

Rotan adalah salah satu tanaman yang menjalar yang banyak tumbuh dan berkembang di kepulauan Kalimantan yakni Kalimantan Tengah. Batang tumbuhan rotan ini umumnya berduri dan berwarna coklat.Rotan ini masih sejenis dengan tanaman salak(palmae).Umumnya setiap rotan mempunyai panjang sampai 6 meter dan tanaman ini juga berbuah dan buahnya juga bisa dimakan guys.Tanaman ini tumbuh dengan cara menumpang pada tumbuhan disekitarnya.



Rotan yang biasanya dijadikan untuk pelengkap bahan anyaman ini juga bisa dijadikan untuk ramuan.

Cara menghilangkan getah pahit yang terkandung dalam rotan muda

Dan rotan yang digunakan untuk ramuan ini adalah bagian ujung rotan yang muda. Caranya untuk mengkonsumsi rotan ini adalah dengan cara dimakan guys.Tapi, rotan yang akan dikonsumsi harus direbus terlebih dahulu.Potong-potong terlebih dahulu rotan muda yang akan dijadikan obat ,lalu rebus rotan muda dengan air mendidih.Proses perebusan ini bermanfaat untuk menghilangkan getah pahit yang terdapat pada rotan tersebut.Setelah proses perebusan, tiriskan rotan dan campurkan rotan muda tersebut dengan bahan masakan yang akan anda buat.Bisa anda campurkan degan masakan ,contohnya :tumisan,ataupun makanan yang berkuah.

Zat Tanin

Zat apa yang terkandung didalam rotan sehingga dapat dijadikan obat herbal ?……..dalam tanaman rotan terkandung zat yang bernama zat tanin.Zat tanin ini sendiri mempunyai fungsi untuk memerangi bakteri-bakteri akibat sakit tenggorokan.Lalu apa penyebab sakit radang tenggorokan itu sendiri?Sakit tenggorokan itu diakibatkan terutama dari bakteri dan virus yang terbawa dari makanan yang kita konsumsi,bisa juga sakit tenggorokan tersebut dapat disebabkan oleh infeksi makanan yang terlalu pedas, minuman yang terlalu dingin dan makanan yang terlalu panas.Batuk dan pilek yang berkepanjangan juga dapat berpengaruh pada tenggorokan lho!Maka dari itu makanan dan minuman yang kita konsumsi harus dijaga.

Baca Juga:  Jenis Obat-obatan Herbal Dan Khasiatnya

Selain manfaat rotan yang berfungsi untuk mengatasi radang tenggorokan,zat tanin ini juga dapat untuk mengatasi penyakit diare,malaria dan terjadinya pendarahan guys.Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman rotan yang biasanya hanya digunakan untuk bahan pelengkap anyaman ternyata banyak manfaat untuk kesehatan.

Pesan saya,Hargailah kesehatan yang anda miliki saat ini dan rawatlah bagian dari alam mulai dari yang terkecil.Itulah tips kesehatan yang dapat saya sampaikan untuk saat ini.

Sumber :wulandarijepara.blogdetik.com